17 Ribu Pengungsi Sinabung Pulang

NUSANTARA

Rabu, 26 Feb 2014 15:46 WIB

Author

Abu Pane

17 Ribu Pengungsi Sinabung Pulang

Sinabung, Pengungsi, Gunung, Meletus, Karo

KBR68H, Jakarta - Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) menyatakan 17.600 pengungsi korban letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara, sudah dipulangkan. Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto mengatakan, pengungsi yang boleh pulang adalah mereka yang bertempat tinggal dalam radius tujuh kilometer. Mereka bahkan sudah diberi bekal hidup berupa beras dan uang belanja selama sebulan. (Baca: 15 Ribu Pengungsi Sinabung Pulang)

"Dukungan 400 gram (beras) per jiwa perhari selama 30 hari kedepan. Terus Rp 6 ribu dibagi per jiwa selama 30 hari ke depan. Untuk beasiswa pendidikan bagi anak-anak yang sudah kembali ke rumah, saat ini dalam tahap penyelesaian pembahasan oleh Kementerian Pendidikan. Mudah-mudahan satu atau dua minggu ini bisa selesai semua," ujar Tri Budiarto di Jakarta, Rabu (26/2).

Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto menambahkan, pihaknya bersama Kementerian Pertanian juga sudah siap membagikan benih pertanian bagi korban Sinabung. Bantuan biaya hidup dan benih tersebut ia klaim sudah sesuai standard kehidupan layak. Sementara itu, sejak meletus Oktober lalu, Gunung Sinabung hingga kini masih mengeluarkan debu vulkanik. Warga dalam radius tiga hingga lima kilometer belum diizinkan pulang. (Baca: Lahan Belum Pasti, Relokasi Warga Sinabung Tertunda)


Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri