Warga Jombang Diminta Waspadai Longsor

Musim hujan di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diperkirakan akan terus berlangsung hingga akhir bulan April mendatang.

NUSANTARA

Selasa, 26 Feb 2013 23:10 WIB

Author

Mudji Lestari

Warga Jombang Diminta Waspadai Longsor

Curah hujan

KBR68H, Jombang – Musim hujan di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diperkirakan akan terus berlangsung hingga akhir bulan April mendatang. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klematologi dan Geofisika ( BMKG ) yang diterima Dinas Pertanian setempat, hujan akan terus mengguyur wilayah tersebut dengan tingkat curah hujan normal atau bersifat basah. Kepala Dinas Pertanian, Jufri mengatakan, kondisi seperti itu justru memacu tingkat kelembaban cukup tinggi. Untuk itu para petani dihimbau mewaspadai hal tersebut. Pasalnya, tingginya kelembaban tanah bisa memicu gerakan tanah atau longsor dan serangan hama tanaman.

"Intensitasnya untuk probilitasnya kalau basah itu 1,5 sampai dengan 1,9 persen, kemudian agak basah itu 1 sampai 1,5 persen, dari Februari sampai dengan april itu sifatnya basah nanti setelah itu baru menginjak sifat agak basah. Kami harapkan dari para petani agak waspada, karena kenyataan di lapangan untuk kelembapan relatif tinggi di Jombang. Jadi curah hujannya normal tapi kelembabannya tinggi," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Jombang, Jufri, menambahkan, para petugas penyuluh pertanian di lapangan juga telah diperintahkan untuk mensosialisasikan perbaikan sistem terasering di areal persawahan. Selain itu, petugas lapangan juga diminta untuk mengajak masyarakat memperbaiki saluran irigasi dan pematang. Ini bertujuan untuk mengantisipasi pengikisan lahan saat aliran air deras datang.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kiat Menjalani Isolasi Mandiri bagi Remaja Terinfeksi COVID-19

Bantu Sesama di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 8

Demi Oksigen Somasi Dilayangkan