NUSANTARA

Virus AI Menyebar Lewat Burung Liar, Pemprov Bali Diingatkan Waspada

"KBR68H, Denpasar - Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Bali memperingatkan Pemerintah Provinsi untuk mewaspadai penyebaran flu burung clade (2.3.2) melalui burung liar."

Virus AI Menyebar Lewat Burung Liar, Pemprov Bali Diingatkan Waspada
Flu Burung, Bali, PDHI, Unggas

KBR68H, Denpasar - Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Bali memperingatkan Pemerintah Provinsi untuk mewaspadai penyebaran flu burung clade (2.3.2) melalui burung liar. Apalagi, penyebaran flu burung pada itik telah menyebar luas di Bali.

Ketua PDHI Bali, I Gusti Kade Mahardika mengatakan, pemerintah harus bisa mengantisipasi kemungkinan penyebaran flu burung melalui burung liar itu. Pemerintah akan sulit menghentikan penyebaran wabah ini jika virus tersebar lewat burung-burung liar.

“Itu akan sangat sulit, burung liar itu alam, apakah semua burung liar akan dimusnahkan? Itu akan sangat tidak bijaksana, tetapi yang pasti tentu saja sekarang unggas-unggas yang kita punya biosecuritynya dijaga dan vaksin yang bagus” jelas Prof.Dr.I Gusti Kade Mahardika.

Sebelumnya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali mendeteksi penyebaran flu burung clade pada itik di tiga kabupaten di Bali. Flu burung baru (jenis gen 2.3.2) tersebut terdeteksi di Kabupaten Buleleng, Klungkung dan Tabanan. Untuk menghentikan penyebaran virus ini, Pemda telah memusnahkan unggas secara terbatas. 

  • Flu Burung
  • Bali
  • PDHI
  • Unggas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!