NUSANTARA

Total 7 Miliar Disiapkan untuk Antisipasi Lahar Merapi di Jateng

Total 7 Miliar Disiapkan untuk Antisipasi Lahar Merapi di Jateng

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa tengah menyiapkan dana Rp 7 miliar untuk mengantisipasi lahar dingin akibat curah hujan yang tinggi di kawasan Gunung Merapi.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Permana mengatakan, pihaknya telah menyiagakan unit-unit dapur umum dan kebutuhan logistik di beberapa titik di kabupaten Magelang sebagai langkah antisipasi.

"Masih kita simpan juga sekitar Rp 4 miliar. Itu dari Badan Nasional (BNPB). Sementara dari APBD Provinsi dana masyarakat Merapi masih Rp 3 miliar. Kita BPBD Provinsi juga sudah bersama SKPD (Satuan Kerja Perangkat daerah) dan pengawas menempatkan dapur umum dan logistiknya di kabupaten Magelang. Disamping itu BPBD Magelang juga sudah kita spot untuk jaga posko dari Badan Nasional untuk memantau khusus lahar dingin di tujuh titik di jalur sungai yang berhulu ke Merapi," kata Sarwa saat dihubungi KBR68H Kamis (28/2).

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana menambahkan, pihaknya belum berkoordinasi secara khusus dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terkait rencana modifikasi cuaca untuk mengurangi curah hujan di sekitar Merapi.

Sementara itu BPPT menyatakan, modifikasi cuaca di atas Gunung Merapi ditunda hingga Sabtu lusa. Potensi hujan di sekitar Gunung Merapi yang masih tinggi saat ini dikhawatirkan bakal mengganggu penerbangan pesawat.

  • lahar dingin
  • merapi
  • magelang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!