Bagikan:

Tingkatkan Kompetensi Kearsipan, UGM Jalin Kerjasama dengan Arsip Nasional

Universitas Gajah Mada (UGM) memperkuat kerjasama dengan Arsip Nasional Indonesia (ANRI) dalam bidang penelitian, pendidikan, dan pengembangan bidang kerasipan.

NUSANTARA

Rabu, 13 Feb 2013 17:21 WIB

Tingkatkan Kompetensi Kearsipan, UGM Jalin Kerjasama dengan Arsip Nasional

arsip nasional, ugm

Universitas Gajah Mada (UGM) memperkuat kerjasama dengan Arsip Nasional Indonesia (ANRI) dalam bidang penelitian, pendidikan, dan pengembangan bidang kerasipan.

Kepala ANRI, Asichin mengatakan, upaya pengembangan kompetensi bidang kearsipan sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas arsiparis. Salah satunya melalui jalur pendidikan tinggi yakni dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang kearsipan. Seperti yang telah dilakukan dengan menginisiasi pendirian program diploma III kearsipan di UGM beberapa tahun silam.

“ANRI selalu berusaha memperhatikan perkembangan SDM kearsipan untuk meningkatkan kualitas pegawai di bidang kearsipan. Karenanya kami siap memfasilitasi pengembangan bidang kearsipan termasuk dalam dunia pendidikan Indonesia,” papar kepala ANRI.

Dia menambahkan, pendidikan kearsipan di Indonesia masih jauh tertinggal di bandingkan dengan negara-negara di kawasan Amerika dan Eropa. Di kawasan tersebut pendidikan kearsipan telah diselenggarakan hingga jenjang pascasarjana. Sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia yang kebanyakan hanya sampai pada jenjang diploma III.

Lebih lanjut dikatakan Asichin, kerjasama yang dilakukan dengan UGM dalam upaya pengembangan studi kearsipan. “Kedepan UGM diharapkan mampu membuka program studi kearsipan pada jenjang sarjana bahkan program pascasarjana,” ujarnya.
Sementara Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni, Dwikorita Karnawati berharap dengan kerjasama ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan bidang kerasipan. Selain itu juga dapat meningkatkan kapasitas dan manajemen arsip UGM.

Sumber: Radio Unisi Yogyakarta 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Buntu Penolakan Pemekaran Wilayah Papua