NUSANTARA

TIM SAR 'Siap' Antisipasi Bencana di Sumut

TIM SAR 'Siap' Antisipasi Bencana di Sumut
bencana, sumut, tim sar

 KBR68H,Medan- Kantor SAR Medan menyiagakan personel untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di Sumatera Utara, terkait meningkatnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Kepala Kantor SAR Medan, Dianta Bangun, kesiagaan  dilakukan agar dapat bergerak dengan cepat jika mendapatkan informasi mengenai bencana yang dapat mengancam keselamatan nyawa manusia.

“Kita selalu siaga 24 jam,” ujarnya. Biasanya, kalau ada bencana BPBD langsung telepon, kita pun langsung bergerak,” ucapnya.

Pengerahan personel SAR tersebut bukan hanya untuk menemukan warga yang tewas akibat bencana, melainkan proses evakuasi korban bencana.

“Tidak harus ada korban (SAR turun). Kalau perlu evakuasi agar tidak ada korban, kami juga turun,” tukasnya.

Ia mengatakan, untuk memberikan bantuan tersebut, pihaknya menyiagakan tiga pos yang berada di Kota Tanjung Balai, Kota Sibolga, dan Kepulauan Nias.

Tiga pos SAR tersebut akan bergerak setiap waktu, jika mendapatkan informasi mengenai adanya bencana yang dapat mengancam keselamatan jiwa manusia di daerah sekitarnya.

Sedangkan untuk daerah yang berdekatan dengan Kota Medan seperti Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Kota Binjai, petugas yang dikerahkan berasal dari kantor besar di Medan.

Sumber: Star News Radio

  • bencana
  • sumut
  • tim sar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!