RS Hasan Sadikin Tolak Rawat Pasien Kanker

KBR68H, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin di Bandung, Jawa Barat menolak merawat pasien kanker asal Garut, Ahmad meski memiliki kartu Jamkesmas.

NUSANTARA

Kamis, 21 Feb 2013 11:16 WIB

Author

Arie Nugraha

RS Hasan Sadikin Tolak Rawat Pasien Kanker

rs hasan sadikin, pasien kanker

KBR68H, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin di Bandung, Jawa Barat menolak merawat pasien kanker asal Garut, Ahmad meski memiliki kartu Jamkesmas. Menurut kerabat pasien, Iraningsih Aksin, pihak rumah sakit beralasan tidak bisa memberikan layanan transfusi darah karena Ahmad bukan pasien rawat inap. Padahal menurut Iraningsih, tindakan transfusi darah harus segera dilakukan untuk meningkatkan kadar haemoglobin dalam tubuh sebagai syarat dilakukan biopsi atau pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium.

"RSHS tahu betul, tahu kondisinya seperti apa. RSHS tahu ini tindakan selanjutnya yang harus dilakukan adalah biopsi gitu kan. Tapi untuk biopsi itu kan mereka harus menaikkan HB (haemoglobin) dulu kan? Tapi sudah tahu tindakan selanjutnya menaikkan HB, lalu kenapa tidak dilakukan tindakan ? Mereka bilang tindakannya tidak bisa dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin," ujarnya saat dihubungi KBR68H.

Iraningsih Aksin menambahkan, penolakan perawatan oleh RS Hasan Sadikin dengan dalih bukan pasien rawat inap tindakan transfusi darah tidak dilakukan, dianggap tidak masuk akal. Malah, RS Hasan Sadikin Bandung menyuruh transfusi darah dilakukan di RS Garut yang merujuk.

Pasien kanker asal Garut, Jawa Barat, Ahmad, telah menjadi penghuni rumah singgah selama lebih dari dua pekan di RS Hasan Sadikin Bandung tanpa perawatan medis dengan kondisi tulang paha kaki sudah rusak.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Modus Baru, JAD Gunakan Racun untuk Aksi Teror