Bagikan:

RS di Jakarta Hanya Punya 143 ICU Khusus Bayi

KBR68H, Jakarta - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengklaim hanya memiliki 143 buah alat Neonatal Intensive Care Unit (NICU) atau ICU khusus bayi.

NUSANTARA

Selasa, 19 Feb 2013 16:50 WIB

Author

Yudi Rahman

RS di Jakarta Hanya Punya 143 ICU Khusus Bayi

ICU, jakarta

KBR68H, Jakarta -  Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengklaim hanya memiliki 143 buah alat Neonatal Intensive Care Unit (NICU) atau ICU khusus bayi. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta  Dien Emmawati mengatakan, dari  92 rumah sakit yang kerjasama untuk melayani masyarakat Jakarta hanya memiliki 143 alat NICU.  Untuk itu, Dinas Kesehatan Jakarta sudah meminta kepada Kementerian Kesehatan dan pimpinan Jakarta untuk memberikan anggaran tambahan alat NiCU di rumah sakit pemerintah.

“Jumlah NICU yang ada di seluruh DKI hanya 143 buah, bukan 143 rumah sakit.  Tidak ada hubungannya ditolak karena KJS, karena ada rujukan Puskesmas Pasar Minggu sudah menggunakan KJS. Dia penduduk Jakarta yang bisa dibuktikan dengan KTP dan KK DKI Jakarta. Jadi aspek pembiayaan tidak ada masalah” ucap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta  Dien Emmawati.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati menambahkan,  kasus yang  terjadi pada Dera Nur Anggraini terjadi karena rumah sakit di Jakarta kekurangan alat dan ruangan perawatan intensif untuk bayi. Dera Nur Anggraini lahir prematur dengan berat di bawah 1 kilogram dan menderita gangguan pernafasan. Dera dikabarkan meninggal karena ditolak 8 rumah sakit saat melakukan rujukan perawatan.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kemarau Tiba, Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan