Ratusan Itik Mati Mendadak di Padang Pariaman

Peternak di Kampuang Lintang Nagari Sunur, Nan Sabaris, Padangpariaman dikejutkan dengan matinya ratusan Itik piaraan mereka sejak tiga hari terakhir.

NUSANTARA

Kamis, 07 Feb 2013 10:29 WIB

Author

Radio Dhara FM

Ratusan Itik Mati Mendadak di Padang Pariaman

flu burung, padang pariaman

KBR68H, Padang Pariaman- Peternak di Kampuang Lintang Nagari Sunur, Nan Sabaris, Padangpariaman dikejutkan dengan matinya ratusan Itik piaraan mereka sejak tiga hari terakhir.

Syafri, salah seorang peternak itik di Kampuang Lintang mengaku, sejak tiga hari lalu sekitar 500 itik piaraannya mati mendadak. ”Kejadian itu baru saya ketahui pada Senin (4/2), karena malam harinya 15 ekor itik saya mati mendadak. Saya tak menduga ini terus berlanjut hingga sekarang,” terangnya.

Sebelum mati, kata Syafri, Itik piaraannya terlihat kehilangan keseimbangan dan tidak lama kemudian terkulai tak berdaya.  Akibat kejadian itu, ia mengalami kerugian hingga lebih Rp20 juta. ”Kini Itik yang mati itu telah saya kuburkan semuanya. Sesuai petunjuk petugas sebelum Itik dikuburkan, harus dibakar dulu,” terangnya.

Syafri mengaku sejak kejadian itu banyak petugas dari Dinas Kesehatan turun memantau dan mengingatkan agar tidak menyentuh Itik yang mati mendadak. “Kalau Itik itu akan dipegang, pakai sarung tangan dulu,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinuddin menyatakan telah menurunkan tim untuk memantau gejala kematian Itik secara mendadak tersebut. ”Tapi saat ini kita belum bisa memastikan apa penyebabnya, karena harus cek sampel di laboratorium,” ulasnya.

Sumber: http://www.radiodharafm.com/2013/02/ratusan-itik-mati-mendadak-di-padang.html

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste