Potensi Panas Bumi di Lampung Belum Banyak Digarap

Kandungan energi panas bumi di Lampung belum banyak dimanfaatkan. Padahal Lampung memiliki potensi energi geotermal atau panas bumi yang cukup besar, termasuk di Kecamatan Ulubelu.

NUSANTARA

Kamis, 28 Feb 2013 11:28 WIB

Author

Muslihah

Potensi Panas Bumi di Lampung Belum Banyak Digarap

panas bumi, lampung

KBR68H, Lampung - Kandungan energi panas bumi di Lampung belum banyak dimanfaatkan. Padahal Lampung memiliki potensi energi geotermal atau panas bumi yang cukup besar, termasuk di Kecamatan Ulubelu.

Manajer Umum Pertamina Unit Geotermal Khairul Razak mengatakan potensi panas bumi yang ada di Ulubelu mencapai 300 Megawat. Namun energi yang sudah dimanfaatkan tidak mencapai setengahnya, yakni baru 110 Megawat. Setiap satu Megawat listrik cukup untuk menerangi sekitar tiga desa.

"Pertamina senddiri untuk di Ulubelu potensinya 300 MW, di Lampung ada banyak ada di Sekincau, Danau Ranau, Gunung Rajabasa potensinya mencapai 2.800 MW," kata dia.

Manajer Umum Pertamina Unit Geotermal Khairul Razak mengatakan, untuk kecamatan Ulubelu, ada sembilan sumur yang sudah dioperasikan. Namun salah satu titik di claster J belum dilakukan pengeboran karena berada di kawasan hutan lindung.

Pertamina tidak akan melakukan pengembangan di titik tersebut, selain berbenturan dengan perizinan kehutanan, kendala lainnya PLN belum memaksimalkan penggunaan energi tersebut. Dari 110 MW per hari yang dihasilkan oleh Pertamina, PLN hanya menggunakan berkisar 85 hingga 100 MW. Sisa energi geothermal yang dihasilkan terbuang begitu saja.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18