Pemkab Gunung Mas Siapkan 10 Ribu Hektar untuk Tambang Rakyat

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Palangkaraya, Kalimantan Tengah menyiapkan lahan seluas 10 ribu hektare pertambangan rakyat.

NUSANTARA

Jumat, 08 Feb 2013 21:10 WIB

Author

Eko Widodo

Pemkab Gunung Mas Siapkan 10 Ribu Hektar untuk Tambang Rakyat

Pemkab Gunung Mas, Tambang Rakyat

KBR68H, Palangkaraya - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Palangkaraya, Kalimantan Tengah menyiapkan lahan seluas 10 ribu hektare pertambangan rakyat.

Bupati Gunung Mas, Hambit Bintih menjelaskan, izin pengelolaan ribuan hektare tambang rakyat itu akan dibagikan kepada kelompok masyarakat. Ini dilakukan agar tidak terjadi klaim wilayah yang bisa menyebabkan konflik antar kelompok penambang. Menurutnya, pemerintah akan mengawasi dengan ketat pengelolaan tambang rakyat ini. Pasalnya, izin tambang itu kerap dijual belikan.

“Pemkab memindahkan para penambang yang selama ini beroperasi di sungai ke lokasi WPR. kerusakan lingkungan yang ditimbulkan sangat parah, antara lain terjadinya pendangkalan sungai, terjadinya erosi dibibir sungai, rusaknya ekosistim sungai, pencemaran sungai, dan bajir di Kabupaten Gunung Mas.”

Bupati Gunung Mas, Hambit Bintih. Dia menambahkan, saat ini jumlah mesin penyedot emas yang beroperasi di sepanjang bantaran sungai di daerahnya mencapai 5 ribu unit dengan tenaga kerja sebanyak 25 ribu orang. Dari jumlah itu, 70 persen pekerja didominasi pendatang.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal