NUSANTARA

Pemkab Banyuwangi Klaim Stok Beras Cukup

"KBR68H, Banyuwangi "

Pemkab Banyuwangi Klaim Stok Beras Cukup
hama, tikus, padi, sawah, Banyuwangi

KBR68H, Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur menjamin stok beras di daerahnya cukup hingga empat bulan ke depan. Ini menyusul serangan hama tikus yang mengakibatkan 20 ribu hektar padi rusak di sana.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Banyuwangi, I Made Wicaksana mengatakan, persediaan beras saat ini mencapai 400 ribu ton lebih. Dia mengklain, serangan hama tikus saat ini belum mengganggu ketahanan pangan di Banyuwangi.

“Tidak terpengaruh karena tingkat serangan hama tikus kata pak kepala dinas Pertanian kan tidak begitu besar. Memang harus diantisipasikan bantuan – bantuan obat itu sudah diberikan ke lapangan kepada kelompok- kelompok tani. Aman sekali untuk 3-4 bulan kedepan yang saya katakana tadi Januari, Februari ada panenan walaupun sekalanya kecil. Ini kan sekarang musim rendengan berartikan musim tanam, nanti ketika menjelang bulan Maret, April itu kita panen raya khususnya padi di Kabupaten Banyuwangi,”kata I Made Wicaksana.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Banyuwangi, I Made Wicaksana menambahkan, persediaan beras akan bertambah menjelang panen raya pada Maret hingga April nanti.

Sebelumnya, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) cabang Banyuwangi Jawa Timur, mencatat sekitar 20 ribu hektar tanaman padi rusak diserang hama tikus. Serangan hama tikus merata di seluruh kecamatan di Banyuwangi. HKTI khawatir, Banyuwangi akan terancam gagal panen, apabila pemerintah tidak mengantisipasi penyebaran hama tikus ini.

  • hama
  • tikus
  • padi
  • sawah
  • Banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!