Museum Pusaka Karo Diresmikan Pekan Ini

Menteri Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu dan tokoh nasional Cosmas Batubara, diharapkan hadir pada peresmian Museum Pusaka Karo dan Rumah Adat Gugung

NUSANTARA

Selasa, 05 Feb 2013 09:46 WIB

Author

Radio Star News

Museum Pusaka Karo Diresmikan Pekan Ini

pusaka, karo, meseum, sumatera utara

Menteri Kebudayaan  dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu dan tokoh nasional Cosmas Batubara, diharapkan hadir pada peresmian Museum Pusaka Karo dan Rumah Adat Gugung “Tirto Meciho”, Sabtu (9/2) mendatang,

Joosten Leonardus Edigius, seorang misionaris dari Belanda yang lebih dikenal sebagai pastor Leo Ginting, melihat dari dekat persiapan event yang terbilang langka di Tanah Karo itu. Event yang melibatkan ratusan orang ini ternyata tidak hanya berasal dari jemaat gereja Katolik saja, melainkan juga berasal dari umat muslim dan jemaat Gereja yang ada di Tanah Karo.

Pastor yang juga sudah berhasil menerbitkan buku kamus Karo–Indonesia ini menyebutkan, kalau persiapan pagelaran peresmian dua bangunan bersejarah itu sudah rampung dan pada acara seremonial yang dimulai pukul.09.00 WIB hingga selesai, dan para tamu akan disambut “tarian Mejuah-juah”.

Sedangkan hiburan lainnya berupa pagelaran, tari “Raleng Tendi” yang dipentaskan secara theaterikal, tarian “Njujung Baka” serta Pagelaran Busana Karo dari masa jadul hingga kini yang diberi judul “Enda Karo Ndai” dilanjutkan dengan epos cerita bagaimana Karo dahulu membangun rumah dengan semangat gotong royong yang dibalut dalam tarian “Ngerintak Kayu”. Sebuah tarian yang sangat fenomenal sebagai magnit pemersatu bagi para pejuang merebut dan mempertahankan NKRI, termasuk dalam mendirikan bangunan “Rumah Adat Siwaluh Jabu” di masa tempo dulu.

Dari  ratusan bahkan mungkin ribuan benda pusaka peninggalan nenek moyang suku Karo yang sebagian besar berada diluar negeri, seperti di museum negeri Belanda, Jepang dan Jerman, 50 diantaranya telah diketahui keberadaannya, dan sebagian sudah berada di Tanah Karo dan seterusnya benda-benda bersejarah ini akan memenuhi ruangan Museum Pusaka Karo yang terletak di Jalan Perwira Nomor 3 Berastagi.

Ditambahkan Leo, bahwa ke-50 barang pusaka Karo itu diperolehnya melalui pendekatan persuasif kepada orang-orang yang selama ini memang hobi mengkoleksi benda-benda suku Karo, baik yang dibeli maupun dibawa dari Tanah Karo pada saat Belanda berkuasa di republik ini.

Sumber: http://www.starberita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=87813:-museum-pusaka-karo-dan-rumah-adat-gugung-akan-diresmikan&catid=161:daerah&Itemid=41

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Pemerintah akan Evaluasi Peningkatan Serapan Anggaran

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17