Mengenalkan Robot Pada Siswa SD

Robot sudah populer dikalangan siswa Sekolah Dasar (SD). Namun, mereka terkadang belum memahami apa yang disebut sebenarnya disebut robot dan bagaimana cara kerjanya. Untuk itu perlu adanya sebuah alat sebagai modul pembelajaran agar siswa SD bisa mengen

NUSANTARA

Senin, 11 Feb 2013 17:37 WIB

Author

Radio Unisi FM

Mengenalkan Robot Pada Siswa SD

robot, sd, yogyakarta

Robot sudah populer dikalangan siswa Sekolah Dasar (SD). Namun, mereka terkadang  belum memahami apa yang disebut sebenarnya disebut robot dan bagaimana cara kerjanya. Untuk itu perlu adanya sebuah alat sebagai modul pembelajaran agar siswa SD bisa mengenal robot secara keseluruhan.

Demikian yang disampaikan oleh Nur Hidayatullah mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) saat memaparkan hasil penelitiannya di Kampus Terpadu UMY.  Hidayat berhasil menciptakan sebuah robot yang disebut “Aplikasi Pembelajaran Logika Robotika untuk Siswa SD”  agar mereka bisa tahu bagaimana sebuah robot itu bekerja.

“Robot yang saya ciptakan ini merupakan sebuah robot yang sederhana dengan komponennya pun sangat sederhana. Hanya terdiri dari plastik untuk badan robot dengan komponen-komponen robot lainnya seperti motor yang berfungsi menggerakan roda dan juga adanya Micro Controller di dalamnya,” jelasnya.

Selain komponen-komponen yang ada di dalam robot, terdapat program lain yang berfungsi menggerakan robot tersebut. “Hal penting dari robot adalah programnya, selama ini yang belum diketahui para Siswa SD adalah tentang program yang membuat robot itu bekerja sesuai dengan perintah kita,” imbuhnya.

Hidayat menjelaskan bahwa program tersebut sudah terprogram di dalam Komputer. “Dengan menggunakan Kontrol Mikro dan USB Downloader, mereka hanya tinggal membuka programnya dan memasukan perintah, misalnya perintah untuk maju, mundur, atau belok yang kemudian USB Downloader tersebut akan membaca dan perintah tersebut akan dikerjakan oleh robot,” terangnya.

Hidayat menuturkan bahwa para siswa SD sangat tertarik ketika diperkenalkan alat ini. “Sebelumnya alat ini sudah dicoba oleh delapan siswa SD Sonosewu, dan hasilnya mereka sangat tertarik dengan alat ini dan alat ini menambah pengetahuan mereka tentang robot dan komponen-komponen robot yang sebelumnya belum diketahui,” tegasnya.

Mahasiswa Teknik Elektro ini berharap alat ini bisa bermanfaat bagi anak-anak lainnya agar lebih mengenal robot. “Saya sangat berharap alat ini bisa disosialisasikan kepada siswa-siswa SD lainnya agar mereka tahu tentang apa itu robot dan bagaimana cara kerjanya,” ungkapnya.

Sumber: Radio Unisi Yogyakarta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat