Mahasiswa UNY Berjaya Dalam Kompetisi LOGIKA 2013

Dua tim perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menorehkan prestasi dalam Lomba dan Kegiatan Matematika (LOGIKA) 2013.

NUSANTARA

Kamis, 07 Feb 2013 14:55 WIB

Author

Radio Unisi FM

Mahasiswa UNY Berjaya Dalam Kompetisi LOGIKA 2013

UNY, LOGIKA 2013

KBR68H, Yogyakarta- Dua tim perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menorehkan prestasi dalam Lomba dan Kegiatan Matematika (LOGIKA) 2013.  Setelah berhasil meloloskan empat tim karya dalam kegiatan yang diselenggarakan secara rutin oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Matematika, Universitas Indonesia sejak tahun 1997 ini, akhirnya dua tim perwakilan berhasil menyabet juara I dan II untuk kategori Pendidikan Matematika.

Dengan mengusung tema “Enjoying Mathematics”, LOGIKA 2013 dirancang sebagai ajang bergengsi secara nasional bagi para peserta dalam menyumbangkan ide terkait dengan ilmu Matematika sebagai ilmu dasar dalam kehidupan manusia. Melalui ide-ide tersebut, permasalahan-permasalahan bangsa dianalisis dan disintesis berupa solusi permasalahan yang terkait dengan ilmu Matematika.

Dalam ajang tersebut dikompetisikan karya-karya mahasiswa berbentuk paper yang terbagi dalam tiga kategori yaitu Pendidikan Matematika, Matematika dalam Ekonomi, dan Matematika dalam Teknologi. Proses seleksi karya dimulai dari seleksi berupa abstrak paper. Kemudian abstrak dari tim yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama harus mengirimkan fullpaper untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Hasil dari seleksi fullpaper merupakan finalis yang harus mempresentasikan karyanya pada konferensi LOGIKA pada tanggal 23—24 Januari 2013.

Tim dari Universitas Negeri Yogyakarta yang mendapatkan juara I tersebut yaitu Imam Ferly Hasan, Muhamad Ridwan, dan Aulia Azmi Masna dengan karya “NG-Braille sebagai Media Pembelajaran Bilangan Bulat untuk Anak Tunanetra”. Sementara juara II yaitu karya yang berjudul “Pengembangan Funmath Pop-up sebagai Media Pembelajaran untuk Mengenalkan Konsep Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar” yang digawangi oleh Aulia Azmi Masna, Aisyah Zakiyah Fadhilah, dan Nurrina Dyah Puspita. Kemudian disusul oleh tim STKIP Surya sebagai juara III.

Selain itu, untuk kategori Matematika dalam Ekonomi, tim dari Universitas Indonesia sebagai juara pertama dan Universitas Brawijaya sebagai juara kedua. Sedangkan juara untuk kategori Matematika dalam Teknologi secara berturut-turut yaitu ITS, ITB, dan IT Telkom.


Sumber: http://unisifm.com/news/tim-uny-berjaya-dalam-kompetisi-logika-2013-yogya-radio-jogja

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.5: Kuliah di Iran, Cerita dari Bahesty Zahra

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17