NUSANTARA

Lahar Dingin Merapi mengancam 90 ribu lebih Warga Jateng

"Ancaman lahar dingin dari Gunung Merapi berpotensi melanda pemukiman 90 ribu lebih warga Magelang, Jawa Tengah."

Lahar Dingin Merapi mengancam 90 ribu lebih Warga Jateng
gunung merapi, pengungsi

KBR68H, Jakarta - Ancaman lahar dingin dari Gunung Merapi berpotensi melanda pemukiman 90 ribu lebih warga Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Permana mengatakan mereka tersebar di 7 kecamatan. Dia menjelaskan ancaman lahar dingin timbul akibat hujan deras yang melanda wilayah ini, dan diperkirakan akan berlangsung hingga akhir Maret.

"Tujuh kecamatan yang terancam, ada sekitar 90 sekian ribu jiwa yang terancam, Magelang semua, di luar Jogja. Jogja lebih sedikit kalau untuk erupsi Merapi. kalau lahar memang Jogja yang besar, Magelang yang sedikit. Untuk lahar hujan, Jawa Tengah yang besar," Kata Sarwa saat dihubungi KBR68H kamis (28/2).

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana menambahkan, pemerintah setempat telah menyiapkan dana Rp 7 miliar untuk mengantisipasi lahar dingin ini. Antara lain untuk menyiagakan unit-unit dapur umum dan kebutuhan logistik.

Antisipasi lainnya dengan upaya modifikasi cuaca di atas Gunung Merapi agar hujan deras bisa dialihkan. Program ini akan dilaksanakan Sabtu lusa karena potensi hujan di sekitar Gunung Merapi saat ini masih tinggi. Hal ini dikhawatirkan menganggu penerbangan pesawat yang digunakan untuk modifikasi cuaca.

  • gunung merapi
  • pengungsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!