NUSANTARA

KPU Pontianak Sosialisasikan Tahapan Pemilu

KPU Pontianak Sosialisasikan Tahapan Pemilu
pilkada pontianak

KBR68H, Pontianak- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak secara resmi mensosialisasikan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Pontianak (Pilwako) 2013. Dalam kesempatan itu juga ditetapkan hari pemungutan suara kepala daerah Pontianak akan digelar pada  19 September 2013.

Ketua KPU pontianak Viryan Azis mengatakan, penetapan hari pemungutan suara itu, telah dikonsultasikan sebelumnya dengan pihak DPRD dan Pemerintah kota, sehingga rangkaian tahapan Pemilu 2013, sudah dimulai  Februari ini. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam undang-undang yang dituangkan dalam keputusan KPU Kota Pontianak tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Pontianak 2013.

Dengan sosialisasi tahapan penyelenggaraan pemilu tersebut, dikatakan Viryan, KPU telah menyusun perencanaan program dan anggaran pemilihan umum walikota dan wakil walikota. Program tersebut dintaranya mulai dari pemuktahiran data pemilih, perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara yang telah ditetapkan oleh KPU, hingga pelaksanaan kampanye, pemungutan, penghitungan suara, proses rekapitulasi dan penetapan pasangan calon terpilih serta pelantikan pasangan calon terpilih.

Pembentukan dan pengangkatan PPK, PPS, Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dan KPPS dimulai 22 Februari hingga 11 September 2013, sedangkan untuk pengumuman pencalonan dari calon perseorangan dimulai dari 11 hingga 15 Mei dengan batas penyerahan dokumen dukungan dimulai 16 hingga 20 Mei, dan untuk pengumuman dan pendaftaran pasangan calon yang diajukan dimulai 12 hingga 18 Juni.

Sementara penetapan dan pengumuman pasangan calon yang memenuhi syarat digelar 1 hingga 3 Agustus dengan penetapan, penentuan nomor urut dan  pengumuman pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota dimulai 3 hingga 5 Agustus 2013. Untuk pelaksanaan kampanye dimulai 2 hingga 15 September.

Viryan menambahkan, jika Pilwako berlangsung selama 2 putaran maka akan Pilwako putaran kedua akan digelar Kamis 7 November 2013.

Sumber: Radio Volare FM

  • pilkada pontianak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!