NUSANTARA

Kementerian Perindustrian: Monorel Lokal Bisa Dipakai di Jakarta

Kementerian Perindustrian: Monorel Lokal Bisa Dipakai di Jakarta

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perindustrian berjanji mempercepat pembuatan standar SNI bagi monorel buatan lokal yang saat ini diproduksi oleh PT. Melu Bangun Wiweka (MBW). Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun mengatakan monorel dengan pabrik di Cibitung, Bekasi ini memiliki kandungan lokal sebanyak 80 persen. Pembuatan SNI akan memberikan daya saing sehingga nantinya dapat dijual ke negara lain. Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun mengklaim monorel lokal itu bisa dipakai di Jakarta.

"Berarti cuma 20 persen dari luar. Artinya monorel yang dibuat di sana itu sangat mengandalkan kemampuan nasional kita. Itu harus kita dukung. Prototype itu kemarin yang kita tes itu, nanti mereka bikin enam gerbong, dan enam gerbong itu satu kali angkut itu mengangkut 768 penumpang, "kata Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun di Jakarta

Sebelum digunakan, monorel buatan Cibitung tersebut masih membutuhkan ujicoba. PT Melu Bangun Wiweka menyebutkan mereka membutuhkan jalur khusus sepanjang dua kilometer, dengan lintasan lurus minimal sepanjang 600 meter. Perusahaan tersebut telah menawarkan produknya kepada Pemerintah Jakarta dengan tarif sekitar Rp7,000 hingga Rp12,000 per penumpang.


  • monorel
  • MBW

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!