Jokowi Usahakan Proyek Tanggul Laut Rampung Tahun ini

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menjadwalkan pembangunan tembok laut Jakarta (Jakarta Giant Sea Wall) bisa rampung tahun ini.

NUSANTARA

Senin, 11 Feb 2013 22:19 WIB

Author

Gun Gun Gunawan

Jokowi Usahakan Proyek Tanggul Laut Rampung Tahun ini

Tanggul

KBR68H, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menjadwalkan pembangunan tembok laut Jakarta (Jakarta Giant Sea Wall) bisa rampung tahun ini. Meski begitu, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengkaji aspek pembangunan tembok penahan banjir itu, mulai dari segi teknis, ekonomi, dan lingkungan. Jokowi memerintahkan agar pembangunan tembok laut ini tidak ditunda. Selain kecenderungan banjir rob kian meningkat, Pemprov juga sudah memikirkan konsep pembiayaan proyek tersebut.

"Gampang kalau itu bisa dari APBD meskipun nilainya lebih dari 100 triliun. Bisa juga lewat investasi sudah banyak yang tunjuk jari. Saya gak tau ini tapi sudah banyak yang tunjuk jari ya. Ini masih dikalkulasi karena uangnya sangat besar. (Target pembangunan kapan?) Kalkulasi aja belum udah main target saja. (Kata PU tahun 2016) Wah kelamaan. Yang begini tuh jangan lama-lama ya bulan-bulan tahun ini lah," kata Joko Widodo di kantornya.

Ide pembangunan tanggul laut raksasa di Teluk Jakarta merupakan program yang digagas bekas Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Untuk itu Joko Widodo telah meminta Badan Percepatan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) agar segera merealisasikan proses pembangunan tanggul tersebut. Menurut Jokowi, selain berguna untuk menahan banjir rob, tanggul laut ini juga berguna untuk daerah bendungan air tawar.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17