NUSANTARA

Hama Wereng Serang Ratusan Hektar Sawah di Kudus

Hama Wereng Serang Ratusan Hektar Sawah di Kudus

KBR 68H, Kudus - Ratusan Hektar tanaman padi di kabupaten Kudus Jawa Tengah terserang hama wereng. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kudus, Budi Santosa mengatakan, lahan yang terserang hama hingga saat ini mencapai ada 260 hektar lebih. Lahan itu tersebar di lima kecamatan yaitu kecamatan Undaan, Kaliwungu, Jati, Jekulo dan Mejobo. Mewabahnya hama diduga akan menurunkan jumlah produksi padi hingga 20 persen.

"Ini ada 261 hektar yang populasinya sudah merupakan ancaman, mulai dari tanam sampai menjelang panen wereng masih menyerang, kalau di kudus yang diserang usia berapa pak ? di Kudus yang diserang merata mulai dari yang muda sampai yang hampir panen kemarin kita juga lihat, Kalau pemicunya ini apa pak ? Pemicunya kemungkinan ada migrasi atau karena faktor cuaca," jelasnya.

Gagal panen dikhawatirkan akan semakin meluas jika hama tak kunjung ditanggulangi. Itu sebeb, Dinas Pertanian Kabupaten Kudus bersama kelompok tani gencar menyemprotkan pestisida di sejumlah kecamatan. Semisal di kecamatan Mejebo Kudus. Pemkab berharap petani di daerah lain juga melakukan hal serupa. 

  • hama wereng
  • Kudus

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!