DPR Aceh Janji Bahas Qanun Jinayat Tahun Ini

Ratusan demonstran dari berbagai ormas Islam di Acehmelakukan aksi unjuk rasa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

NUSANTARA

Rabu, 13 Feb 2013 13:32 WIB

Author

Radio Antero FM

DPR Aceh Janji Bahas Qanun Jinayat Tahun Ini

DPR Aceh, Qanun Jinayat

KBR68H, Aceh- Ratusan demonstran dari berbagai ormas Islam di Acehmelakukan aksi unjuk rasa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Massa yang tergabung dalam Forum komunikasi untuk Syariat (Fokus) menuntut DPR Aceh untuk segera membahas dan mengesahkan Qanun Jinayat dan Hukum Acara Jinayat pada  2013 ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Abdullah Saleh berjanji akan menyampaikan semua aspirasi ormas Islam menyangkut Qanun Jinayat ke pimpinan Dewan. Abdullah saleh  juga berharap agar rancangan qanun tersebut dibahas dan diparipurnakan menjadi rancangan qanun prioritas pada tahun ini.

“Kita berharap ini masuk dalam legislasi dan ditetapkan sebagai prioritas tahun 2013, sehingga aspirasi seluruh ormas ini terpenuhi,”lanjutnya.
 
Sementara Anggota DPR Aceh Ghufran Zainal Abidin, Ghufran mengatakan pihaknya akan memperjuangkan agar rancangan qanun tersebut dimasukkan dalam program legislasi tahun ini. Ghufran meminta ormas Islam bersabar dan memberikan kesempatan kepada DPR Aceh untuk bekerja maksimal.

“Kami akan perjuangkan aspirasi saudara-saudara agar qanun ini masuk prioritas 2013”lanjutnya.

Qanun Jinayah dan Hukum Acara Jinayah sudah pernah diparipurnakan serta disahkan oleh DPRA periode 2004-2009. Namun hingga kini belum bisa dijalankan karena tidak ditandatangani oleh gubernur Aceh periode lalu Irwandi Yusuf. Hampir tiga tahun dua qanun itu menggantung karena terjadi polemik pada pasal yang mengatur tentang sanksi rajam bagi pelanggar syariat.

Namun Saat Aceh dipimpin oleh Pj Gubernur Aceh Tarmizi A Karim, dibentuk tim kecil yang mengkaji secara menyeluruh dua qanun itu serta sudah mencabut pasal yang mengatur tentang rajam. Qanun itu sudah disampaikan oleh eksekutif pada pertengahan 2012.


Sumber: http://portal.radioantero.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1073:banleg-dpra-janji-bahas-qanun-jinayat-2013&catid=35:demo-content&Itemid=169

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Jokowi Perintah Menkes Segera Tetapkan Kriteria Pembatasan Sosial Berskala Besar