Calo Jamkesda Berkeliaran di Rembang

Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mengklaim telah mengantongi calo pembuatan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesda) di wilayahnya.

NUSANTARA

Senin, 11 Feb 2013 12:45 WIB

Author

Quinawati Pasaribu

Calo Jamkesda Berkeliaran di Rembang

jamkesda, rembang

KBR68H, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mengklaim telah mengantongi calo pembuatan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesda) di wilayahnya. Wakil Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan, calo itu diduga berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Untuk menghindari praktek tersebut, pihaknya bakal mengevaluasi seluruh pengajuan pembuatan kartu Jamkesda. Meski begitu, ia belum bisa memastikan jumlah korban dan kerugian material akibat calo tersebut.

 “Minggu lalu kok ada gelagat enggak, ada nama atas LSM, saya curiga coba ditelusuri. APakah ini bener tidak? Ternyata ada indikasi tidak baik. (tidak ada keterlibatan aparat desa?) Tidak ada. Saya minta masyarakat waspada. Jadi untuk dapat kartu Jamkesda, tidak ada pungutan,”ujarnya.

Sebelumnya Calo pembuatan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah Jamkesda kian marak terjadi di Rembang.Bahkan, warga dipungut biaya hingga ratusan ribu rupiah untuk memperoleh kartu Jamkesda. Padahal, seharusnya warga gratis atau tidak dipungut biaya se-sepersenpun. Pemerintah kabupaten Rembang meminta warga datang sendiri saat mengurus Jamkesda.Sementara itu, bagi warga yang berhalangan datang bisa lewat kepala desa atau RT/RW.Tujuannya untuk menghidari praktek calo dan penipuan.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

KPK Hentikan Puluhan Penyelidikan Kasus Korupsi

Sulap Limbah Jadi Produk

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13