NUSANTARA

Atasi Banjir Pemerintah Pusat Bangun Waduk di DAS Tondano

Atasi Banjir Pemerintah Pusat Bangun Waduk di DAS Tondano

KBR68H, Manado- Kementerian Pekerjaan Umum (PU)  bakal  merealisasikan pembangunan Waduk di kawasan Daerah Aliran Sungai Tondano. Waduk itu terletak di Kuwil-Kwangkoan, Minahasa Utara. Pemerntah pusat mengklaim ini dilakukan untuk membantu pemerintah daerah mengatasi banjir di Kota Manado.

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Hartanto mengatakan, rencana pembangunan Waduk di Kuwil-Kwangkoan di wilayah Kabupaten Minahasa Utara (25 kilometer ke arah utara Kota Manado), sudah dalam tahap perencanaan. Kata dia, pembangunan akan dilakukan pada 2014-2015.

Sebelumnya ketika berkunjung ke Manado, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mendesak pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk segera merealisasikan rencana pembangunan Waduk di Kuwil-Kwangkoan.

Ketua DPD Irman Gusman mengatakan langkah ini merupakan program jangka panjang untuk mengatasi banjir. Gusman mengungkapkan sesuai data yang dterimanya  nilai pembangunan waduk sekira  1 triliun rupiah.

Pada pekan lalu banjr besar terjadi di Manado akibat meluapnya DAS Tondano yang tidak dapat menampung tingginya curah hujan terus menerus selama dua hari.

Bencana banjir dan tanah longsor di Sulut pada Minggu (17/2), menewaskan 18 orang, 600 rumah rusak berat, ribuan rusak ringan, dan .3.500 warga diungsikan, serta beberapa sarana milik pemerintah rusak.

Sumber: Radio Montini FM

  • banjir
  • waduk
  • das tondao

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!