Bagikan:

20 Orangutan Kalimantan Dikembalikan Ke Hutan

Sebanyak 20 ekor orangutan dilepasliarkan di Hutan Lindung Bukit Batikap, Kalimantan Tengah, mulai hari ini hingga dua hari mendatang. Dari 20 orangutan itu, 5 di antaranya dikategorikan semi liar dan 15 lainnya merupakan hasil program rehabilitasi atau r

NUSANTARA

Rabu, 13 Feb 2013 16:36 WIB

Author

KBR68H

20 Orangutan Kalimantan Dikembalikan Ke Hutan

orangutan, Kalimantan Tengah, Yayasan BOS, pelepasliaran

Sebanyak 20 ekor orangutan dilepasliarkan di Hutan Lindung Bukit Batikap, Kalimantan Tengah, mulai hari ini hingga dua hari mendatang. Dari 20 orangutan itu, 5 di antaranya dikategorikan semi liar dan 15 lainnya merupakan hasil program rehabilitasi atau rehabilitan. Orangutan rehabilitan adalah orangutan yang diselamatkan pada usia sangat muda atau pernah menjadi peliharaan manusia. Orangutan seperti ini belum memiliki atau sudah kehilangan sebagian besar kemampuannya untuk hidup mandiri di hutan, sehingga perlu direhabilitasi. Ke-20 orangutan itu diberangkatkan secara bertahap dari lokasi Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng.


Program pelepasan orangutan ini merupakan kelanjutan dari aksi serupa yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Yayasan BOS sepanjang tahun lalu. Selama 2012 sebanyak 44 orangutan sudah berhasil dilepas kembali ke habitat aslinya di hutan Kalimantan. Pada 2013 ini ditargetkan sebanyak 80-100 orangutan akan dikembalikan ke hutan.


Populasi orangutan Kalimantan kian menipis akibat habitat aslinya dibabat untuk perkebunan. Orangutan yang terdesak dan muncul di areal perkebunan tak jarang diburu, disiksa, lantas dibunuh. Para penyayang binatang sudah lama menaruh perhatian pada perlakuan kejam terhadap orangutan yang kemudian mengundang protes internasional.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending