Bagikan:

Polda Papua Tampung Personel Satgas Damai Cartenz di Gedung Sekolah Yahukimo

Ratusan siswa SMA di Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua, berunjuk rasa pada 20 Januari 2022.

NUSANTARA

Selasa, 25 Jan 2022 11:06 WIB

Satgas Damai Cartenz tempati sekolah

Ilustrasi anggota Polres Yahukimo dibantu TNI menggelar razia senjata tajam jelang Natal dan Tahun Baru 2022, Senin, 13/12/21. Foto: humas.polri.go.id

KBR, Jayapura- Kapolda Papua Mathius Fakhiri mengklaim pemanfaatan beberapa gedung sekolah di Yahukimo sebagai tempat tinggal sementara anggota Satgas Damai Cartenz, telah mendapat izin dari pemerintah daerah (pemda).

Pernyataan itu dikatakan Mathius menanggapi unjuk rasa ratusan siswa SMA di Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua pada 20 Januari 2022. Ratusan siswa itu berdemo karena aktivitas belajar terganggu setelah gedung sekolah mereka digunakan menampung personel Brimob yang diperbantukan di wilayah itu.

Kapolda Papua beralasan, pemanfaatan beberapa gedung sekolah dilakukan lantaran belum ada aktivitas belajar tatap muka di sana. Selain itu, penempatan Brimob di Yahukimo untuk memulihkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtimbas), pascapenyerangan sekelompok warga beberapa waktu lalu.

"Benar anggota Brimob yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz, itu ditempatkan oleh kapolres Yahukimo sementara waktu (di beberapa gedung sekolah). Saya sudah sudah crosscheck langsung kepada kapolres, bahwa sampai dengan hari ini belum ada kegiatan tatap muka (di sekolah), sehingga tentunya kapolres meminta izin untuk menempatkan sementara," kata Mathius D Fakhiri, Senin (24/01/2022).

Kapolda Papua, Mathius D Fakhiri mengatakan personel Brimob yang menempati beberapa sekolah di Yahukimo akan dipindahkan ke Gedung Olahraga di Dekai.

Pengakuan Pemkab Yahukimo

Sementara itu, Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli mengakui penggunaan tiga sekolah sebagai tempat penampungan anggota Brimob sudah seizin pemkab. 

Kata dia, ada tiga sekolah yang menjadi lokasi penampungan anggota Brimob, yakni SMA Ninia, SMA Negeri 2 dan SMK Negeri 2.

"Brimob menempati tiga sekolah di Dekai sudah seizin Pemkab Yahukimo, karena kegiatan belajar mengajar belum normal," kata Didimus Yahuli.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kemarau Tiba, Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan