Pemerintah Daerah Upayakan Vaksinasi Covid-19 Sasar Masyarakat di Wilayah 3T

akses ke lokasi yang sulit dijangkau menyebabkan cakupan vaksinasi di sejumlah kabupaten belum mencapai target kekebalan komunal

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 12 Jan 2022 12:44 WIB

Vaksinasi masyarakat di wilayah 3T

Pemerintah melakukan akselerasi capaian vaksinasi di sejumlah daerah. (Foto: Kemenhub)

KBR, Balikpapan - Pemerintah daerah terus mengupayakan vaksinasi Covid-19 dapat menjangkau masyarakat yang tinggal di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar. Salah satu cara yaitu dengan menggandeng kepolisian untuk vaksinasi di wilayah pedalaman yang sulit dijangkau.

Kapolda Kalimantan Timur Imam Sugianto mengatakan akses ke lokasi yang sulit dijangkau menyebabkan cakupan vaksinasi di sejumlah kabupaten belum mencapai target kekebalan komunal. Diantaranya Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kutai Timur, dan Berau yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Baca juga:

Presiden Joko Widodo Pastikan Vaksin Booster Gratis untuk Seluruh Masyarakat

“Kemarin kami ketemu Bapak Gubernur, ketemu Bapak Ketua DPRD Provinsi beliau-beliau menyampaikan vaksinasi yang di desa-desa (kampung) itu. Ada yang satu desa 30 KK, 20 KK, akan kita susun skema untuk bagaimana kita mendatangi mereka yang tidak tersentuh oleh kita. Kita datangi dengan membawa vaksin terbatas, petugas terbatas akan coba kita petakan terutama di kabupaten-kabupaten yang jauh,” ujarnya, Rabu (12/01/2022).

Baca juga:
Laporcovid-19 Minta Pemerintah Tunda Vaksin Booster

Capaian Vaksinasi Covid-19 Masih Jauh dari Target Nasional


Kapolda Kalimantan Timur Imam Sugianto menambahkan, medan dan jarak tempuh ke lokasi akan menghambat proses vaksinasi. Terlebih akses ke kampung-kampung itu terhalang aliran sungai dan hutan-hutan.

Pihaknya kini tengah memetakan kampung-kampung di pedalaman yang sulit terjangkau, sebelum melakukan vaksinasi dengan metode dari rumah ke rumah. Pasalnya, jarak satu rumah dengan rumah lainnya saling berjauhan. 

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua di provinsi tersebut per Minggu, (9/1/2022) mencapai 2,8 juta penerima. Dengen rincian, cakupan vaksinasi dosis pertama mencapai sekitar 85 persen atau setara 2,4 juta jiwa. Serta capaian dosis kedua mencapai 63 persen atau sebanyak 1,8 juta penerima.

Editor: Muthia Kusuma

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

    BERITA LAINNYA - NUSANTARA

    Kabar Baru Jam 11

    Kabar Baru Jam 10

    Kabar Baru Jam 8

    Kabar Baru Jam 7

    Membuat Minyak Goreng di Satu Harga