Bantu Pasien, Wapres Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

"Dengan menyatukan tekad dan langkah untuk membantu menyelamatkan sesama melalui donor plasma konvalesen. Setetes darah anda, sejuta harapan untuk mereka,"

NUSANTARA | RAGAM

Senin, 18 Jan 2021 18:50 WIB

Author

Astri Septiani

Bantu Pasien, Wapres Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan  Plasma Konvalesen

Ilustrasi: Petugas menunjukkan plasma konvalesen dari pasien sembuh COVID-19, di PMI Banyumas, Jateng, Senin (7/12). (Antara/Idhad Zakaria)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak penyintas Covid-19 donorkan plasma konvalesen. Dia menyebut total distribusi plasma konvalesen hingga   14 Januari 2021 sebanyak 7.680. Angka ini kata dia masih sangat kecil jika dibanding perkiraan jumlah penyintas Covid-19 yang memiliki potensi untuk menjadi donor plasma konvalesen. 

Dia meminta masyarakat khususnya para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya. Tujuannya pasien yang saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit memiliki peluang selamat lebih besar.

"Maka diperlukan strategi yang tepat untuk pelaksanaan donor plasma konvalesen. Tersedianya dukungan sistem data yang terintegrasi antara Rumah Sakit dan PMI untuk mengetahui data penyintas Covid-19/potensi calon donor, dan penambahan peralatan/mesin apheresis untuk pengolahan darah di Unit Donor Darah atau UDD yang menerima pelayanan donor plasma konvalesen," kata Ma'ruf dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen, Senin (18/1/21).

Gerakan bersama ini kata dia diharapkan menggugah empati dan memotivasi para penyintas Covid-19 untuk bisa berkontribusi sukarela mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19 yang saat ini tengah dirawat di berbagai rumah sakit. Kata Maruf, hal ini sebagai wujud peduli kemanusiaan dalam membantu menyelamatkan nyawa manusia sehingga diharapkan mampu menekan angka kematian akibat Covid-19.

Wapres mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu dan tolong-menolong sesama sesuai dengan kemampuan  masing-masing.

"Khususnya bagi para penyintasCovid-19 marilah kita bersama-sama mensyukuri nikmat kesembuhan dan keseharian yang dianugerahkan Allah SWT dengan menyatukan tekad dan langkah untuk membantu menyelamatkan sesama melalui donor plasma konvalesen. Setetes darah anda, sejuta harapan untuk mereka," pungkasnya.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?