BERITA

Polisi Akan Selidiki Perkumpulan 'Sunda Empire' di Bandung

Polisi Akan Selidiki Perkumpulan 'Sunda Empire' di Bandung

KBR, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) akan menyelidiki perkumpulan 'Sunda Empire' di Bandung.

"Kita kan belum tahu apakah itu ormas atau apa, makanya kita masih pelajari, masih pendalaman dengan melakukan penyelidikan," kata Kabidhumas Polda Jabar Saptono Erlangga kepada Antara di Bandung, Jumat (17/1/2020).

Saptono menyebut akan memulai penyelidikan dengan memeriksa orang-orang yang terlihat dalam video Youtube pertemuan Sunda Empire, yang belakangan beredar luas di media sosial.


Kekuasaan 'Empire' Sampai Dunia Kiamat?

Dalam video yang diunggah akun Youtube bernama 'Sunda Empire' tertanggal 16 Juni 2018, terlihat ada sekumpulan orang berseragam seperti militer, dengan topi baret dan berbagai atribut berlogo 'Sunda Empire'.

Di situ ada seseorang sedang berorasi tentang bentuk-bentuk pemerintahan, yang disaksikan secara khidmat oleh puluhan orang lainnya.

Di akhir video, sang orator pun berujar, "Harus disadari oleh seluruh dunia bahwa negara itu tidak same level, tidak sama levelnya."

"Kalau republik lima tahun sekali pemilu, kalau koloni 15 tahun sekali laporan pertanggungjawaban, kalau state 35 tahun sekali, kalau kerajaan 75 tahun sekali, kalau empire sampai dunia kiamat. Begitu, terima kasih," ujar sang orator, disambut tepuk tangan massa.

Editor: Agus Luqman

  • sunda empire
  • Polri

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!