BERITA

Harga Cabai Tembus Rp140 Ribu per Kilo

Harga Cabai Tembus Rp140 Ribu per Kilo


KBR, Nunukan – Minim pasokan dari daerah Sulawesi maupun Tawau Malaysia pasca libur tahun baru membuat harga cabai di pasar kabupaten Nunukan Kalimantan Utara melambung tinggi.

Cabai yang biasanya dijual pedagang seharga Rp60 ribu per kilogram meroket hingga Rp140 ribu rupiah per kilogram.


Salah seorang pedagang cabai di Pasar Sentral Inhutani Nunukan, Ase mengatakan selain keterlambatan pasoakan dari Sulawesi, mahalnya cabai juga disebabkan asokan langka di pasar tradisional.


Pasokan langka karena kapal pemasok cabai dari Sulawesi ke wilayah perbatasan datang terlambat, pasca libur tahun baru 2017.


"Sekarang Rp140 ribu. Mahal diambilkan, Rp130 pun diambilkan. Sebelumnya Rp65 ribu. Baru tiga hari (naiknya), habis tahun baru, langsung naik," kata Ase di Nunukan, Rabu (4/1/2017).


Ase mengatakan mahalnya harga cabai diperkirakan akan terjadi hingga beberapa hari ke depan karena harga cabai yang didatangkan dari Sulawesi juga mengalami kenaikan.


Biasanya harga cabai dari Sulawesi sebesar Rp60 ribu per kilo, tapi kini telah melonjak hingga Rp80 ribu per kilo.


Selain dari Sulawesi, para pedagang di Kabupaten Nunukan juga mendatangkan cabai dari Tawau Malaysia. Harga cabai dari Malaysia juga mengalami kenaikan.


Selain cabai, sejumlah kebutuhan sayur mayur lain seperti kobis, wortel, kentang, dan komoditas sayur lainnya di Kabupaten Nunukan juga didatangkan dari Sulawesi maupun dari Tawau Malaysia.


Namun kenaikan harga cukup tinggi hanya terjado pada komoditas cabai.


Editor: Agus Luqman 

  • harga cabai
  • Nunukan
  • Kalimantan Utara
  • Harga komoditas
  • Tawau Malaysia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!