Wujudkan Smart City, Balikpapan Bakal Pasang Puluhan CCTV

Pemasangan 25 CCTV itu masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Balikpapan.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 25 Jan 2016 16:41 WIB

Author

Teddy Rumengan

Wujudkan Smart City, Balikpapan Bakal Pasang Puluhan CCTV

Kota Balikpapan dilihat dari udara. Foto: Antara

KBR, Balikpapan– Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Kalimantan Timur berencana memasang puluhan kamera pengawas atau CCTV untuk mewujudkan Balikpapan sebagai kota cerdas atau Smart City. Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan ada 25 CCTV yang akan dipasang pada tahun ini. Kamera pemantau itu bukan hanya untuk memantau arus lalu-lintas, tapi juga untuk memantau daerah yang selama ini menjadi daerah rawan bencana banjir dan kriminalitas. Pemasangan 25 CCTV itu masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Balikpapan.

“Rencana kita ada 25 titik CCTV yang dipasang, ditambah rencana juga akan kita pasang di tempat-tempat titik kerawanan bencana dan kerawanan kiriminalitas. Nah nanti ruangan ini (ATCS) memang akan digunakan untuk operasional room nya ATCS,” kata Sudirman Djayaleksana, Senin (25/1/2016)

Tahun lalu Pemerintah Kota Balikpapan telah memasang 15 kamera CCTV untuk memantau lalu lintas. Saat ini pemerintah Kota Balikpapan sedang melobi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur agar membantu pembiayaan karena biaya pemasangan CCTV bersama jaringan fiber optic membutuhkan anggaran mencapai puluhan miliar. Untuk memasang satu unit CCTV membutuhkan dana sekitar Rp 800 hingga Rp 900 juta, dan itu tidak bisa mengandalkan APBD Kota Balikpapan. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Bekas Napi Koruptor Harus Jeda Lima Tahun Sebelum Maju di Pilkada