Perbaikan Infrastruktur Sebabkan Macet Panjang di Jateng

Petugas melakukan sistem buka tutup arus kendaraan yang masuk dari arah barat ke selatan serta sebaliknya. Akibatnya, jalur ini mengalami kemacetan panjang.

NUSANTARA | BERITA

Minggu, 03 Jan 2016 22:18 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Pengalihan arus kendaraan untuk hindari macet di Jalur Lintas Selatan Jawa Tengah pada Perayaan Nata

Pengalihan arus kendaraan untuk hindari macet di Jalur Lintas Selatan Jawa Tengah pada Perayaan Natal dan Tahun Baru 2016. Kemacetan parah terjadi pada jalur penghubung Pantura dan jalur selatan antar

KBR, Purwokerto  – Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Kakorlantas Polri) Condro Kirono mengatakan perbaikan di sejumlah titik jalur Jawa Tengah menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Terutama di jalur penghubung antara jalur pantai utara dengan jalan lintas selatan. Kata dia, Tol Darurat Pejagan yang pada lebaran Idul Fitri kemarin berfungsi, saat ini sedang dalam masa pengecoran, sehingga tidak optimal dilintasi kendaraan. Itu sebab, petugas melakukan sistem buka tutup arus kendaraan yang masuk dari arah barat ke selatan serta sebaliknya. Akibatnya, jalur ini mengalami kemacetan panjang.

"Natal maupun tahun baru, itu kepadatan memang setelah sampai di Pejagan. Dikarenakan, kalau di Pejagan itu kalau tahun lalu sewaktu lebaran kita masih bisa fungsikan jalan tol daruratnya, tapi saat ini sedang ada pengerjaan pengecoran sehingga tidak bisa difungsikan. Sehingga keberadaan pagar betis antara Polri, TNI dan Pemerintah Daerah itu yang kita maksimalkan," ujarnya kepada KBR, Minggu, 3 Januari 2016. 

Menurut Condro, perlintasan kereta di Pejagan (Pantura) serta di Jalur Selatan, seperti di Tambak, Banyumas, juga menyebabkan antrean kendaraan mengular hingga dua kilometer. Kendaraan dari arah barat terpaksa dialihkan ke Cirebon menembus jalur selatan ke Kota Banjar, Jawa Barat.

Dia menambahkan puncak arus balik terjadi pada Sabtu dan Ahad ini. Saat ini, peningkatan volume kendaraan lebih tinggi dibanding arus balik Natal sepekan lalu. Ia menyebut, volume penumpang kereta api di Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 25 persen.

Diketahui, pada arus mudik dan balik libur Natal dan tahun baru ini, kemacetan parah terjadi antara Cirebon, Brebes, hingga Ajibarang, Banyumas. Kendaraan mengular hingga puluhan kilometer. Waktu normal antara Pejagan menuju Banyumas yang mestinya sekira tiga jam harus ditempuh dalam waktu 14 jam. 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Sebut Sertifikasi Layak Nikah Tak Wajib

Super You by Sequis Online, Asuransi Online untuk Milenial