covid-19

Lumbung Padi Kobar Terancam Angin Kencang

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 02 Jan 2016 19:54 WIB

Author

Alex Gunawan

Lumbung Padi Kobar Terancam Angin Kencang

Ilustrasi (Foto: Antara)

KBR, Pangkalan Bun- Desa Sabuai, Kecamatan Kumai yang merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah terancam gagal panen. Pasalnya, desa pesisir yang mempunyai 700 hektare lahan pesawahan ini berpotensi dilanda angin kencang di awal tahun 2016. 

Menurut Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun Lukman Soleh, daerah Sabuai punya karakteristik cuaca yang berbeda dengan Kota Pangkalan Bun. Sehingga awan penghasil hujan mudah sekali terbentuk.

"Untuk daerah Sabuai, karakter cuacanya sangat berbeda dengan Pangkalan Bun, pertama karena faktor dekat pesisir, berbeda dengan darat, dia lebih mudah untuk pembentukan awan CB (awan Kumulonimbus- red)," kata Lukman.

Lukman mengimbau kepada para petani agar berhati-hati terutama saat terbentuk awan hitam yang berpotensi angin kencang. Warga harus segera meninggalkan areal pertanian dan berlindung di tempat yang aman. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8