Kelompok Tani Ikan Cilacap Terbaik Tingkat Nasional, Karena Bantu Anak Yatim dan Lansia

Kelompok Budidaya Ikan Harapan Makmur Desa Limbangan Kecamatan Wanareaja raih penghargaan terbaik nasional, karena bantu yatim piatu, orang tua jompo, hingga melakukan bedah rumah.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 05 Jan 2016 17:24 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Kelompok Tani Ikan Cilacap Terbaik Tingkat Nasional, Karena Bantu Anak Yatim dan Lansia

Budidaya ikan tawar jenis nila gift menjadi primadona di Sentra Ikan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: M Ridlo/KBR)

KBR, Cilacap – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Harapan Makmur Desa Limbangan Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah meraih prestasi Pokdakan terbaik nasional oleh Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia.

Ketua Pokdakan Harapan Makmur, Agus Subagyo mengatakan kelompoknya dipilih lantaran memiliki nilai tambah dalam bidang sosial dan kelestarian lingkungan. Ia menyebut, secara berkala kelompok ini memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Antara lain bantuan kepada yatim piatu, orang tua jompo, hingga bedah rumah.

Selain itu, Kelompok ini juga memiliki unit Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwasmas) yang khusus menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar dari bahaya pencemaran dan penangkapan ikan yang tidak aman.

Secara berkala, kelompok ini juga melakukan tebar benih ke sungai-sungai sekitar desa. Benih ini berasal dari sumbangan anggota kelompok.

"Menurut penilaian dari Jakarta, kelompok ikan kami memiliki kelebihan, antara lain, satu kita juga tidak hanya memikirkan kelompok, tapi kita juga memikirkan masyarakar sekitar sehingga bisa ikut menikmati. Yang kedua, ada nilai sosialnya, yaitu memberikan bantuan kepada yatim piatu dan sebagainya, semacam CSR (Corporate Social Responsibility). Kemudian kami memiliki Pokwasmas (Kelompok Pengawas Masyarakat), untuk mengawasi sungai-sungai itu agar lestari, terus melakukan penebaran benih ikan," kata Agus Subagyo, Selasa (5/1).

Ketua Pokdakan Harapan Makmur, Agus Subagyo menjelaskan, saat ini jumlah anggota kelompok berjumlah 60 orang.

Pokdakan Harapan Makmur juga memiliki kelompok dampingan (plasma) sebanyak sembilan kelompok tani ikan. Kelompok ini berkonsentrasi pada penyediaan benih, terutama gurami dan lele. Omzet bulanan mencapai Rp200 juta hanya dari budidaya benih. Jika ditambah dengan usaha pembesaran, omzet kelompok ini mencapai Rp 400 hingga Rp 500 juta per bulan.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18