BERITA

Kelompok Tani Ikan Cilacap Terbaik Tingkat Nasional, Karena Bantu Anak Yatim dan Lansia

"Kelompok Budidaya Ikan Harapan Makmur Desa Limbangan Kecamatan Wanareaja raih penghargaan terbaik nasional, karena bantu yatim piatu, orang tua jompo, hingga melakukan bedah rumah."

Muhamad Ridlo Susanto

Kelompok Tani Ikan Cilacap Terbaik Tingkat Nasional, Karena Bantu Anak Yatim dan Lansia
Budidaya ikan tawar jenis nila gift menjadi primadona di Sentra Ikan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: M Ridlo/KBR)

KBR, Cilacap – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Harapan Makmur Desa Limbangan Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah meraih prestasi Pokdakan terbaik nasional oleh Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia.

Ketua Pokdakan Harapan Makmur, Agus Subagyo mengatakan kelompoknya dipilih lantaran memiliki nilai tambah dalam bidang sosial dan kelestarian lingkungan. Ia menyebut, secara berkala kelompok ini memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Antara lain bantuan kepada yatim piatu, orang tua jompo, hingga bedah rumah.


Selain itu, Kelompok ini juga memiliki unit Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwasmas) yang khusus menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar dari bahaya pencemaran dan penangkapan ikan yang tidak aman.


Secara berkala, kelompok ini juga melakukan tebar benih ke sungai-sungai sekitar desa. Benih ini berasal dari sumbangan anggota kelompok.


"Menurut penilaian dari Jakarta, kelompok ikan kami memiliki kelebihan, antara lain, satu kita juga tidak hanya memikirkan kelompok, tapi kita juga memikirkan masyarakar sekitar sehingga bisa ikut menikmati. Yang kedua, ada nilai sosialnya, yaitu memberikan bantuan kepada yatim piatu dan sebagainya, semacam CSR (Corporate Social Responsibility). Kemudian kami memiliki Pokwasmas (Kelompok Pengawas Masyarakat), untuk mengawasi sungai-sungai itu agar lestari, terus melakukan penebaran benih ikan," kata Agus Subagyo, Selasa (5/1).


Ketua Pokdakan Harapan Makmur, Agus Subagyo menjelaskan, saat ini jumlah anggota kelompok berjumlah 60 orang.


Pokdakan Harapan Makmur juga memiliki kelompok dampingan (plasma) sebanyak sembilan kelompok tani ikan. Kelompok ini berkonsentrasi pada penyediaan benih, terutama gurami dan lele. Omzet bulanan mencapai Rp200 juta hanya dari budidaya benih. Jika ditambah dengan usaha pembesaran, omzet kelompok ini mencapai Rp 400 hingga Rp 500 juta per bulan.


Editor: Agus Luqman

 

  • Budidaya Ikan
  • Kelompok Pembudidaya Ikan
  • Pokdatan
  • Cilacap
  • Jawa Tengah
  • KKP
  • perikanan
  • Kementerian Kelautan dan Perikanan

Komentar (6)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Surur Hidayat8 years ago

    wah.... luarrrr biasa mas Ridlo..... thanks ya... telah dipancarkan KBR.... sukses selalu... jaya KBR

  • Sugiri Samsuri Tedja S8 years ago

    Maju Terus Paman Tani.....Mantaaaap kang Ridho. thanks

  • Paryan Abdul Azis8 years ago

    Banyak saya mencari informasi tentang budidaya ikan baru kali ini saya sangat tertarik, karena disini ada nilai lebih yang bisa membantu sesama ada kepedulian sosial dan juga lingkungan, sebelum saya lanjut tulisan saya, ijinkan saya memperkenalkan diri : Nama : Paryan Abdul Azis Tempat tanggal lahir : Cilacap 5 Maret 1969 Tempat tinggal : Vila Mutiara Gading 3 Blok D17 No.12 Keluranaha Kebalen Kec.Babelan Bekasi 17610 Pak Muhammad Ridho Susanto, apabila saya ingin belajar dan lebih lanjutnya bergabung dalam budidaya ikan yang dibina oleh Bapak, bagaimana caranya, Karena saya tidak lama lagi akan memasuki masa pesiun. Demikian sepintas komentar dan niatan saya terhadap usaha ini, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  • Hartono6 years ago

    Saya sangat tertarik dengan artikel ini. Kebetulan sy ingin belajar pembudiyaan ikan lele utk persiapan d kampung sidareja apa bisa bimbingan dan kerjasamanya. Terimakasih Hartono Hp/wa 081373597466

  • Madani5 years ago

    Artikelnya bermanfaat, Terima kasih. Silahkan mampir di tempat kami jika mencari Kolam Terpal http://kolamlele.com

  • GUNAWAN DEWA SAPUTRA4 years ago

    Teknologi yang dapat diterapkan oleh pembudidaya ikan lele adalah menggunakan sistem akuaponik. http://fpk.unair.ac.id/inovasi-teknologi-budidaya-ikan-lele-dumbo-clarias-sp-sistem-akuaponik/