Diduga Kena Meningitis, TKI Asal Banyuwangi Tewas di Taiwan

Sebelum meninggal, Emi Rusmiyati sempat koma dan mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Li Shin Lyen, Distrik Chungli (Zhongli), Taiwan, sejak tanggal 29 Desember 2015 lalu.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 05 Jan 2016 14:49 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Diduga Kena Meningitis, TKI Asal Banyuwangi Tewas di Taiwan

Sejumlah calon TKI menunggu pemeriksaan kesehatan di depan RSUD Banyuwangi. (Foto: banyuwangikab.go.id)

KBR, Banyuwangi - Seorang buruh migran asal Banyuwangi Jawa Timur tewas di Taiwan pada hari Senin (4/1) sore waktu Taiwan.

Tenaga kerja bernama Emi Rusmiyati asal Desa Sumberjo Banyuwangi itu diduga terkena meningitis (radang selaput otak).

Sebelum meninggal, Emi Rusmiyati dikabarkan sempat koma dan mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Li Shin Lyen di Chungli (atau Zhongli), Taiwan, sejak tanggal 29 Desember 2015 lalu.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banyuwangi Alam Suderajad mengatakan saat ini jenazah Emi masih berada di rumah sakit Taiwan.

Alam belum bisa memastikan kapan jenazah TKI Emi dipulangkan. Saat ini proses pemulangan jenazah masih diurus perwakilan Kamar Dagang Indonesia (KDI) di Taiwan, karena Emi Rusmiyati tercatat sebagai TKI tanpa dokumen.

"Kami belum ada kepastian itu sakitnya apa. Tapi kita terus berhubungan kepada KDI. Karena keluarga menghendaki jenazah dibawa pulang ke Banyuwangi. Kami nanti akan berkordinasi dengan BNP2TKI maupun ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur," kata Alam Suderajad, Selasa (5/1).

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banyuwangi Alam Suderajad menambahkan, selama setahun terakhir Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Banyuwangi yang terkena penyakit parah jumlahnya meningkat.

Hingga Desember lalu ada empat kasus TKI yang dirawat di Taiwan karena sakit, dua diantaranya meninggal. Padahal, kata Alam Suderajat, sebelunya tidak ada kasus TKI meninggal akibat terkena penyakit seperti penyakit meningitis ini.

Untuk mencegah meningkatkanya TKI asal Banyuwangi yang terkena penyakit, Pemerintah Banyuwangi akan memperketat pemeriksaan kesehatan TKI sebelum diberangkatkan ke negara tujuan. Terlebih lagi saat ini Banyuwangi sudah mempunyai Pusat Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja Indonesia yang berada di RSUD Blambangan Banyuwangi.

Editor: Agus Luqman 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat