Bandung Akan Miliki Taman Khusus Disabilitas

Taman ini akan terletak di lingkungan Panti Sosial Bina Netra Wyata Guna, dan sekarang masih dalam tahap uji coba.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 08 Jan 2016 20:54 WIB

Author

Arie Nugraha

Bandung Akan Miliki Taman Khusus Disabilitas

Salah satu tempat beraktvitas penyandang disabilitas di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyataguna Bandung, Jawa Barat. (Foto: wyataguna.depsos.go.id)

KBR, Bandung - Kota Bandung Jawa Barat berencana membangun taman khusus bagi kelompok penyandang cacat (disabilitas). Taman khusus ini digagas Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna.

Taman ini akan terletak di lingkungan Panti Sosial Bina Netra Wyata Guna, dan sekarang masih dalam tahap uji coba.

Kepala Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna Kota Bandung, Cecep Sutriaman mengatakan taman khusus disabilitas itu dibuat karena tidak semua taman di ibu kota Jawa Barat memiliki akses yang layak bagi kelompok disabilitas.

"Apakah taman-taman yang ada disini sekarang sudah mewakili aksesibilitas bagi tuna netra atau tidak? Apakah sudah memiliki aksesibilitas bagi disabilitas tubuh? Karena ada dua aksesibilitas, yang itu harus tetap dipenuhi. Yang pertama adalah untuk diabilitas tubuh, dengan tangga yang landai dan lain sebagainya. Yang kedua bagi disabilitas netra, itu adalah dua kelompok disabilitas yang benar-benar membutuhkan aksesibiltas yang sangat-sangat tinggi. Di luar disabilitas lain, seperti tuna wicara dan lain sebagainya," ujarnya di PSBN Wyata Guna, Jalan Pajajaran, Bandung, Jumat (8/1/2016).

Kepala PSBN Wyata Guna Kota Bandung, Cecep Sutriaman menjelaskan nantinya taman khusus disabilitas tersebut dapat digunakan sebagai tempat berekreasi, diskusi dan bermain oleh kelompok ini.

Diharapkan taman yang tengah digarap tersebut, menjadi percontohan bagi instansi pemerintah lain.

Dana pembangunan taman khusus bagi kelompok disabilitas berasal dari luar dana resmi panti tersebut. PSBN Wyata Guna juga menegaskan, tidak akan meminta bantuan dana dari pemerintah kota.

PSBN Wyata Guna Kota Bandung menyatakan, saat ini fasilitas taman khusus bagi disabilitas tersebut, masih diperuntukan bagi kelompok disabilitas netra, sambil melengkapi kebutuhan yang paling utama.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Keluarkan Biaya Sendiri untuk Visum

Tantangan Dalam Reintegrasi Eks-Napiter dan Orang Yang Terpapar Paham Radikalisme

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14