NUSANTARA

Pedagang Kaki Lima Akan Somasi Ahok

"KBR, Jakarta - Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia berencana memberikan somasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama. Hal ini terkait dengan pengusiran pedagang kaki lima oleh Satuan Polisi Pamong Praja di kawasan Monumen Nasional, Monas."

Bambang Hari

Pedagang Kaki Lima Akan Somasi Ahok
PKL, ahok, jakarta

KBR, Jakarta - Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia berencana memberikan somasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama. Hal ini terkait dengan pengusiran pedagang kaki lima oleh Satuan Polisi Pamong Praja di kawasan Monumen Nasional, Monas.

Ketua Umum APKLI Ali Mahsun menjelaskan, dalam peristiwa pengusiran itu, Satpol PP dinilai melakukan tindakan brutal kepada para pedagang. Akibatnya, seorang mengalami luka di bagian kepala.

"Merupakan tindakan yang tidak manusiawi. Dan menggunakan cara yang represif dengan menggunakan kekerasan. Jelas itu adalah sebuah pelanggaran. Baik pelanggaran HAM, maupun terhadap Pancasila dan Undang-undang Dasar. Sebab, pedagang kaki lima juga merupakan warga negara yang dilindungi haknya oleh konstitusi," jelasnya kepada KBR, Kamis (1/1).

Ia menambahkan somasi akan diberikan langsung pada pekan depan. Selain itu ia juga meminta agar DPRD DKI mengambil hak inisiatif membuat Perda Penataan dan Pemberdayaa PKL berlandaskan Perpes RI 125/2012.

Dengan adanya Perda tersebut APKLI menjamin PKL di Jakarta tertata rapi, bersih, disiplin, dan menjadi bagian keindahan dan wisata di Ibukota.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • PKL
  • ahok
  • jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!