NUSANTARA

2015-01-14T17:56:26.000Z

Kelebihan Kapasitas, Penjara Mataram Dianggap Tak Manusiawi

"Kapasitas penghuni Lapas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini sudah sangat melebihi batas. Sebab idealnya sebanyak penjara itu dihubi 175 orang, namun praktiknya 538 narapidana berada di penjara itu."

Kelebihan Kapasitas, Penjara Mataram Dianggap Tak Manusiawi
Kelebihan Kapasitas, Penjara Mataram

KBR, Mataram – Kapasitas penghuni Lapas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini sudah sangat melebihi batas. Sebab idealnya sebanyak penjara itu dihubi 175 orang, namun praktiknya 538 narapidana berada di penjara itu.

Ini yang membuat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTB berencana membangun Lapas baru di daerah Kuripan, Lombok Barat.

“Dengan dibangunnya Lapas Mataram, masalah over kapasitas ini bisa terselesaikan. Ya kita rencanakan untuk 600 sampai 700 orang. (Penjara yang sekarang) itu kurang manusiawilah ya, apalagi letaknya di tengah kota” kata Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTB, Agusta K Embly, Rabu (14/1).

Agusta mengatakan, pihaknya berharap bulan April mendatang akan ada kejelasan anggaran dari APBN untuk membangun Lapas Mataram yang baru. Jika Lapas Mataram sudah terbangun, Lapas yang lama akan dijadikan rumah tanahan (rutan) bagi orang yang sedang menjalani proses hukum.

Editor: Anto Sidharta

  • Kelebihan Kapasitas
  • Penjara Mataram

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!