NUSANTARA

Cuaca Buruk, Pengangkatan Ekor Pesawat AirAsia Ditunda

"Tim penyelam TNI Angkatan Laut (AL) akhirnya memutuskan untuk menunda proses pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ8501."

Cuaca Buruk, Pengangkatan Ekor Pesawat AirAsia Ditunda
Cuaca Buruk, Pengangkatan Ekor Pesawat AirAsia

KBR, Pangkalan Bun - Tim penyelam TNI Angkatan Laut (AL) akhirnya memutuskan untuk menunda proses pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ8501.

Komandan Kopaska TNI AL, Letnan Edi Abdilah di KRI Banda Aceh mengatakan, cuaca buruk menjadi penyebabnya. 

"Evaluasi akhirnya memutuskan penyelaman dilakukan besok (Jumat) pagi, rencana mulai pukul 05.00 WIB. Pagi hingga tengah hari merupakan waktu yang tepat untuk penyelaman. Seperti pengalaman pagi tadi, sempat hujan tapi arus bawah tenang," kata Edi Abdilah, Kamis (8/1).

Menurut Edi, upaya pengangkatan ekor pesawat dari tim penyelam masih berada pada fase belting (pengikatan) balon udara. Setelah belting, untuk mengangkat ekor pesawat tersebut akan dilakukan peniupan balon. "Setelah itu baru pengangkatan," kata dia.

Sebelumnya, upaya pengangkatan ekor pesawat Air Asia ini mendapat perhatian serius dari Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Jenderal bintang empat itu hadir di KRI Banda Aceh sejak pukul 09.00 WIB. Begitu mendarat di atas kapal perang tersebut, Moeldoko menerima presentasi dari Panglima Armada Barat (Armabar) Marsekal Muda Widodo dan Komanda SAR Laut, Laksamana Pertama Abdul Rasyid.

Editor: Anto Sidharta

  • Cuaca Buruk
  • Pengangkatan Ekor Pesawat AirAsia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!