Banjir Rob Hantam Belasan Rumah di Situbondo

Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akan membangun tanggul di Pantai Mimbo agar warga yang tinggal di pesisir pantai tak selalui dihantui banjir rob.

NUSANTARA

Rabu, 07 Jan 2015 11:26 WIB

Author

Hermawan

Banjir Rob Hantam Belasan Rumah di Situbondo

banjir, situbondo

KBR, Situbondo – Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akan membangun tanggul di Pantai Mimbo agar warga yang tinggal di pesisir pantai tak selalui dihantui banjir rob. 


Hal ini dilakukan setelah belasan Rumah di Desa Sumberanyar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, rusak akibat dihatam banjir rob, Senin (6/1)


Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Zainul Arifin, banjir rob juga merusak perahu milik nelayan di Pantai Mimbo. Kata zainul, banjir rob ini hampir setiap tahun terjadi.


“Menghantam rumah penduduk yang ada di sana karena di sana rumahya padat. Yang terjadi kemarin itu 16 rumah, satu rumah yang total kena ombak. Antisipasi dari kita kemungkinan 2015 ini dari Dinas Kelautan akan membangun tangkis di sana. Ya minimal mitigasi dari bencana gelombang rob bisa diatasi,” kata Zainul Arifin (7/1).


Zainul Arifin menambahkan, selain di Desa Sumberanyar, ancaman banjir rob dan abrasi pantai juga terjadi di sejumlah kecamatan. Diantaranya di Kecamatan Panarukan, dan Kecamatan Besuki. Sebab daerah ini letaknya berada tidak jauh dari laut.


BPBD Situbondo menghimbau kepada masyarakat yang bermukim di daerah itu, untuk mewaspadai datangnya banjir rob. Sebab pada Januari ini kondisi cuaca di perairan Situbondo buruk. 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

KPK Serukan Penerapan Sertifikasi Sistem Manajemen Antisuap