NUSANTARA

Wewenang Pembangunan Sodetan Ada Di Pusat

"Kementerian Pekerjaan Umum menegaskan wewenang membangun sodetan dan menormalisasi Sungai Ciliwung-Cisadane berada di pemerintah pusat"

Bambang Hari

Wewenang Pembangunan Sodetan Ada Di Pusat
Ciliwung-Cisadane, Tangerang, Jakarta, Banten, Pekerjaan Umum

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum menegaskan wewenang membangun sodetan dan menormalisasi Sungai Ciliwung-Cisadane berada di pemerintah pusat. Namun, Kemen PU membutuhkan dukungan Pemerintah Daerah untuk mengurangi volume air sungai yang melintasi Ibukota dan Tangerang, Banten tersebut. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung dan Cisadane, T. Iskandar menjelaskan, masterplan proyek pembenahan sungai Ciliwung dan Cisadane ini sudah dibuat sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, anggaran proyek tersebut baru tersedia tahun ini.


"Itu adalah bukan program provinsi apapun. Itu adalah program pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum. Jadi jangan salah menafsirkan. Sodetan dan normalisasi, dan pembangunan waduk Ciawi dan Sukamahi itu adalah program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan oleh Kementerian PU. Dalam merealisasikan program itu, pemerintah tidak bisa melakukan sendiri. Artinya ini harus dilakukan bersama-sama dengan seluruh stake-holder yang ada, yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota," jelasnya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (25/1).


T. Iskandar menambahkan, selain memiliki program sodetan dan normalisasi, Kementerian Pekerjaan Umum juga memiliki program lain untuk menanggulangi banjir Ibukota. Di antaranya adalah membangun infrastruktur sumber daya air.


Editor : Sutami

  • Ciliwung-Cisadane
  • Tangerang
  • Jakarta
  • Banten
  • Pekerjaan Umum

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!