NUSANTARA

Tangani Korban Banjir, PMI Jakarta Perlu Dana Rp 1 Miliar

"KBR68H, Jakarta "

Tangani Korban Banjir, PMI Jakarta Perlu Dana Rp 1 Miliar
banjir, jakarta, PMI Jakarta, dana

KBR68H, Jakarta – PMI Jakarta sudah mengalokasikan dana sekitar Rp 500 juta untuk membantu korban banjir di Ibu Kota. Sekretaris PMI Jakarta Irwan Hidayat mengatakan, dana tersebut untuk memberikan bantuan logistik berupa makanan siap saji hingga tenda kepada pengungsi.

Namun,dana yang dianggarkan PMI Jakarta kemungkinan besar tidak akan mencukupi untuk menangani seluruh pengungsi korban banjir Jakarta. Karena itu, PMI Jakarta sudah meminta tambahan dana kepada PMI Pusat.

“Kami sudah mengajukan permintaan dana tambahan sekitar Rp 500 juta kepada PMI Pusat. Pak JK (Ketua Umum PMI Pusat-red) sudah berjanji akan membantu. Dana tambahan itu diperlukan untuk memberikan pasokan bantuan kepada korban banjir. Hingga kini PMI Jakarta sudah menyalurkan 53.000 makanan siap saji kepada seluruh korban banjir di lima wilayah,”kata Irwan ketika dihubungi KBR68H, Senin (20/11).

Irwan menambahkan,  kebutuhan pangan para pengungsi korban banjir Jakarta masih bisa terpenuhi. Namun, yang menjadi permasalahan saat ini adalah fasilitasMandi Cuci Kakus (MCK). Karena MCK bukan wewenang PMI Jakarta, kata Irwan, maka masalah itu sudah diteruskan kepada Pemda Jakarta.

Selain fasilitas MCK, para pengungsi juga membutuhkan terpal untuk berteduh. Saat ini, terpal yang digunakan di sejumlah posko pengungsi masih terpal plastik. Pusat Kendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat jumlah pengungsi banjir di Jakarta menyentuh angka 30.784 jiwa.

Mereka tersebar di 293 titik pengungsian yang tersebar di lima wilayah Jakarta. Di Jakarta Timur terdapat 4.824 jiwa yang mengungsi di 17 titik. Genangan di Jakarta Timur tercatat paling tinggi, mencapai 3 meter di kawasan Kampung Pulo. Banjir di Jaktim ini membuat tiga nyawa melayang.

Sedangkan di Jakarta Selatan, ketinggian mencapai 2 meter dan membuat 8.332 jiwa mengungsi di 30 titik. Banjir di Jaksel ini menelan satu korban jiwa. Di Jakarta Pusat, pengungsi mencapai 1.505 jiwa.

Kemudian di Jakarta Barat jumlah pengungsi yang berada di 49 lokasi pengungsian mencapai 8.314 jiwa. DI Jakarta Utara terdapat 7.809 jiwa pengungsi yang bertahan di 40 lokasi pengungsian.

  • banjir
  • jakarta
  • PMI Jakarta
  • dana

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!