NUSANTARA

Rencana Jokowi Temui Aher Bahas Sodetan Sungai

"Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menemui Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, yang biasa disapa Aher, untuk membahas rencana pembuatan sodetan Sungai Ciliwung ruas Bogor, Jawa Barat dan Sungai Cisadane, Tangerang, Banten. Rencana pembuatan sodet ini sudah "

Wiwik Ermawati

Rencana Jokowi Temui Aher Bahas Sodetan Sungai
Rencana Jokowi, Aher, Sodetan Sungai

KBR68H, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menemui Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, yang biasa disapa Aher, untuk membahas rencana pembuatan sodetan Sungai Ciliwung ruas Bogor, Jawa Barat dan Sungai Cisadane, Tangerang, Banten. Rencana pembuatan sodet ini sudah dirancang sejak 2000, tetapi sampai sekarang belum dilaksanakan.

Selain Gubernur Jawa Barat, Jokowi juga bakal bertemu dengan pejabat Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk membahas lebih rinci yang ditimbulkan pembuatan sodetan tersebut. Kata Jokowi, pertemuan akan berlangsung pekan depan.

"Kita akan membicarakan khusus mengenai sodetan. (Termasuk membahas soal Bupati Tanggerang yang menolak?) Ya, itu yang akan dibicarakan kalau belum ketemu sudah seperti ini ya kapan ketemunya, yang penting ketemu dulu dan berbicara," kata Jokowi di Gedung Balai Kota.

Pembuatan sodetan tersebut dinilai dapat mengurangi beban air dari Katulampa ke Kali Ciliwung, Jakarta. Namun, rencana pembuatan sodetan terkendala karena penolakan Pemkab dan warga Tangerang. Mereka khawatir air yang tertampung di sodetan area Sungai Cisadane justru membuat wilayah Tangerang banjir.

Editor: Anto Sidharta

  • Rencana Jokowi
  • Aher
  • Sodetan Sungai

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!