NUSANTARA

Potret Bengawan Solo di Mata Pelajar dan Pecinta Sungai

Potret Bengawan Solo di Mata Pelajar dan Pecinta Sungai

KBR68H, Surakarta - Berbagai karya seni tentang Sungai Bengawan Solo karya para pelajar dan organisasi peduli sungai di dunia atau Rivers of the World British Council dipamerkan di kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sebuah foto hitam putih bergambar menara Big Ben dan gunungan wayang terpasang di salah satu sudut ruang Balai Soedjatmoko kota Surakarta. Gambar di foto tersebut tersusun dari sikat gigi, kawat, plastik, botol, dan sebagainya.

Salah seorang pelajar SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, Devina Ajeng Pramesthi mengatakan foto hitam putih tersebut adalah karya kelompok di sekolahnya. Menurut Devina, berbagai jenis barang limbah yang disusun dalam foto tersebut diambil ketika menyusuri Sungai Bengawan Solo.

“Iya ini karya saya dan temen sekelompok di sekolah. Ini teknik fotogram..barang-barang yang ini saya ambil saat riset menyusuri sungai Bengawan Solo. Ini limbah sungai, barang bekas," kata Ajeng.

Sementara itu, Juru Bicara British Council Linda Djayusman mengatakan program Rivers Of The World fokus pada upaya kampanye penyelamatan dan kepedulian pada sungai di dunia. Menurut Linda, pameran karya seni tersebut mengusung tema Sungai Bengawan Solo dan melibatkan 120 pelajar dari 6 SMP di Solo. Linda menjelaskan karya seni para pelajar di Solo ini sudah mewakili Indonesia di Thames Festival London 2013 kemarin.

Selain karya seni fotogram, karya seni pelajar SMP di Kota Surakarta lainnya berupa seni stempel woodcut, teknik mengukir kayu kemudian mengolesinya dengan cat pewarna dan menyetempelkannya di selembar kertas.

Ada juga seni menyusun potongan kain flanel dan plastik makanan kemasan menjadi sebuah lukisan tentang warga dan sungai di Solo. Lukisan dan seni instalasi dari limbah plastik warna warni karya para pelajar juga tampak menghiasi pameran tersebut.

Enam SMP di kota Surakarta yang ikut dalam pameran ini antara lain SMP 1, SMP 6, SMP 4, SMP 9, SMP Muhammadiyah 7, SMP Kristen Kalam Kudus, dan SMP Kasatriyan 1. Selain menampilkan karya seni para pelajar di kota Surakarta, pameran Rivers Of The World tersebut juga menampilkan sejumlah karya seni para pelajar dari beberapa negara antara lain Pakistan, Bangladesh, Argentina, Korea Selatan, dan sebagainya.

Editor: Anto Sidharta

  • Bengawan Solo
  • Pecinta Sungai
  • Rivers of the World

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!