NUSANTARA

Jalan Ambles, Warga Sunter Jaya: Sudah Ada Jalan Alternatif

"Warga RT 09 RW 011 Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang sempat terisolir karena jalan masuk menuju pemukiman mereka ambles, kini sudah bernafas lega. Sebab, kini sudah ada jalan alternatif di belakang perumahan mereka. Wal"

Anto Sidharta

Jalan Ambles, Warga Sunter Jaya: Sudah Ada Jalan Alternatif
Jalan Ambles, Warga Sunter Jaya, Jalan Alternatif

KBR68H, Jakarta -  Warga RT 09 RW 011 Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara,  yang sempat terisolir karena jalan masuk menuju pemukiman mereka ambles, kini sudah bernafas lega. Sebab, kini sudah ada jalan alternatif  di belakang perumahan mereka. Walau jalan sementara, jalan itu sudah dicor semen.

Salah satu warga setempah Moh. Yasin mengatakan, jalan yang amblas itu adalah jalan satu-satunya jalan untuk masuk-keluar perumahannya.

“Jalan keluar-masuk lewat situ, maka tuntutan warga (saat itu) secepatnya dibuatkan jalan alternatif. Nah, dibuatkanlah jalan dari belakang. Sekarang sudah bisa dilalui baik sepeda motor atau mobil,” tutur Moh. Yasin kepada PortalKBR ketika dihubungi, Selasa (21/1).

Jalan yang ambles itu, kata Yasin, sedang diuruk untuk diperbaiki kembali oleh  PT Sinar Graha Lestari, yang sedang membangun apartemen di sekitar rumah warga.

Sementara, pascaamblasnya jalan itu, jaringan listrik dan air sudah normal kembali. “Jaringan telpon yang sekarang belum bisa aktif,” kata Yasin.

Tuntutan Warga


Warga yang rumahnya rusak akibat ambles masih menunggu kompensasi dari PT Sinar Graha Lestari. Menurut Moh. Yasin, rumah warga yang ambles dan temnboknya retak-retak terletak di depan perumahan.

“Yang parah Rumah Mohamad Yasin juga yang rumahnya di depan, khan rumahnya sudah ambles tuh, tapi wujud rumanya masih kelihatan,” tutur Moh. Yasin.

Warga, kata Yasin, menyerahkan permasalahan ini kepada para pemimpin di tingkat RT hingga kelurahan untuk berdialog dengan pihak perusahaan.

Amblesnya jalan sepanjang lebih 90 meter dan sedalam 30 meter di Kelurahan Sunter jaya terjadi pada Jumat (17/1) lalu. Amblesnya jalan sempat melumpuhkan akses jalan bagi 500-an jiwa dari 150 keluarga di permukiman itu.Hingga kini polisi masih menyelidiki penyebab amblasnya jalan tersebut.


  • Jalan Ambles
  • Warga Sunter Jaya
  • Jalan Alternatif

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!