Dinkes Balikpapan Pastikan Ratusan ODHA Masuk BPJS

Pemerintah Kota Balikpapan menjamin ratusan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di kota itu, masuk dalam program Jaminan Kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

NUSANTARA

Jumat, 17 Jan 2014 15:02 WIB

Author

Teddy Rumengan

Dinkes Balikpapan Pastikan Ratusan ODHA Masuk BPJS

ODHA, balikpapan, BPJS

KBR68H, Balikpapan– Pemerintah Kota Balikpapan menjamin ratusan orang dengan HIV/AIDS (ODHA)  di kota itu, masuk dalam program Jaminan Kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 


Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Mulyani menegaskan, ODHA juga mendapat hak dan pelayanan kesehatan yang sama, mulai dari pemeriksaaan di dokter praktek, klinik maupun rumah sakit, termasuk perawatan hingga obat gratis. 


Kata dia, selain ODHA, mereka yang tidak mampu dan mengalami sakit jiwa juga dijamin Pemerintah Kota Balikpapan melalui program Jaminan Kesehatan.


“HIV dijamin. Artinya semua penyakit tidak ada yang tidak ditanggung, di BPJS kecuali penyakit bunuh diri, narkoba, sama perilaku-perilaku lain lah. Kalau sakit jiwa (juga) ditanggung. Perilaku lain artinya misalnya dia geng motor,” kata Dyah Mulyani.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Mulyani menambahkan, sampai awal tahun ini, jumlah orang dengan HIV AIDS di Balikpapan sekitar 700-an. Rata-rata ODHA yang baru masih berusia muda di bawah 30 tahun. Bahkan beberapa diantaranya masih berstatus pelajar dan mahasiswa  


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8