NUSANTARA

BPBD Jabar Tetapkan Prioritas Penanganan Banjir

BPBD Jabar Tetapkan Prioritas Penanganan Banjir

KBR68H, Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat memprioritaskan penanganan banjir di tiga daerah. Daerah tersebut di antaranya Subang, Cirebon, dan Indramayu.

Pasalnya ketiga daerah itu belum memiliki otoritas penanggulangan bencana dan masih dikelola oleh setingkat satuan pelaksana.

Menurut Kepala Seksi Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat, Budiman, meski banjir di tiga daerah itu kini rata-rata ketinggian air mulai surut tetapi badan penanggulangan bencana tetap membantu secara penuh.

"Semuanya genangannya sudah surut. Sudah mulai sedikit-sedikit. Justru malah Subang itu masih ada di Kecamatan Legon karena itu memang kondisi kontur tanahnya mungkin dibawah jadi dia sekarang masih terendam. Kalau Indramayu itu sudah jelas aman begitu juga Cirebon. Ternyata Cirebon tidak separah yang diberitakan," ujarnya saat dihubungi melalui telepon (23/1).

Kepala Seksi Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat, Budiman menambahkan, pascasurutnya air banjir di tiga daerah itu, sebagian besar warga yang mengungsi dengan mendirikan tenda di jalan berangsur-angsur pulang ke tempat tinggalnya. Kata dia, surutnya ketinggian air ini mempermudah distribusi bantuan logistik ke pengungsi yang awalnya menggunakan helikopter kini hanya memakai perahu karet.

Editor: Anto Sidharta

  • BPBD Jabar
  • Penanganan Banjir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!