Bondowoso Siaga Darurat Banjir

KBR68H, Bondowoso

NUSANTARA

Senin, 20 Jan 2014 15:26 WIB

Author

Friska Kalia

Bondowoso Siaga Darurat Banjir

bondowoso, siaga, banjir

KBR68H, Bondowoso– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur berlakukan status siaga darurat untuk bencana banjir, longsor dan puting beliung hingga akhir Januari. Kepala BPBD Bondowoso, Harry Patriantono mengatakan, status siaga darurat diberlakukan karena intensitas hujan dan angin di Bondowoso masih tinggi.

“Berdasarkan surat ketetapan dari bupati, untuk banjir longsor dan puting beliung, status siaga darurat. Untuk tahap pertama kita mulai dari 1 November sampai 1 Januari dan diperpanjang lagi sesuai rekomendasi BMKG Jatim, mulai 2 Januari sampai 31 Januari,” kata Harry Patriantono kepada KBR68H.

Harry menambahkan, terdapat 11 Kecamatan di Bondowoso yang rawan banjir dan longsor diantaranya di Kecamatan Wringin, Pakem, Binakal, dan Wonosari. Sementara untuk puting beliung terdapat 5 Kecamatan yaitu Tlogosari, Sumber Wringin, Wonosari, Taman Krocok serta Pujer.

Untuk mengantisipasi terjadinya korban di sekitar daerah rawan bencana longsor dan banjir, BPBD  telah memasang alat pendeteksi di daerah-daerah tersebut.  Alat itu akan berbunyi ketika akan terjadi bencana, sehingga masyarakat sudah bisa siap untuk evakuasi. Selain itu, BPBD bersama instansi terkait lainnya telah melatih kesiapsiagaan masyarakat di sekitar lokasi rawan bencana.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kesiapan Mental sebelum Memutuskan Menikah

Kabar Baru Jam 8

Setahun Pandemi dan Masalah "Pandemic Fatigue"

Kabar Baru Jam 10