NUSANTARA

BMKG: Jakarta Masih Dilanda Hujan Lebat Hingga Nanti Malam

"KBR68H, Jakarta Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan, seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan dengan intes"

Yuthi Fatimah & Rio Tuasikal

BMKG: Jakarta Masih Dilanda Hujan Lebat Hingga Nanti Malam
bmkg, hujan, jakarta

KBR68H, Jakarta  Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan, seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan dengan intesitas sedang dan tinggi hingga malam dan dini hari nanti. Petugas BMKG, Syaifuddin mengatakan hujan yang turun di Ibu kota akan berselang-seling antara ringan dan deras. Sementara di Bogor dan Bekasi, hujan yang turun akan cukup deras sepanjang hari.

“Untuk kondisi besok juga masih sama dimana potensi hujan pada dini hari masih ada kemudian menjelang pagi dan menjelang siang potensi hujannya masih ada, tetapi perlu diingat untuk kondisi seperti ini, ada kalanya hujannya berhenti kemudian muncul lagi,” kata Syaifuddin pada KBR68H.

Petugas BMKG Syaifuddin menambahkan, lembaganya berkoordinasi dengan Pintu Air Katulampa Bogor untuk memantau kondisi ketinggian air dan mengantisipasi bahaya banjir. Selain Bogor, potensi curah hujan tinggi juga akan terjadi di Depok, Cisarua, Ciawi, dan bantaran Sungai Ciliwung.

Sementara itu, ketinggian air di Pintu Air Katulampa Bogor telah mencapai 60 centimeter, atau naik 10 cm dari batas normal. Penjaga pintu air Katulampa, Andi Sudirman memperkirakan, bila sampai siang nanti Bogor masih diguyur hujan, maka Jakarta bisa terkena banjir jelang tengah malam nanti.

"Memasuki jam 1 dini hari masih normal 50 senti sampai jam 7. Dan jam 8 baru datang 60 centi. Udah mulai siaga 4. Karena hujan di kawasan puncak sudah mulai turun. Dan baru nyampe Katulampa 60 centi, sekarang. ," demikian kata penjaga pintu air Katulampa, Andi Sudirman.

Penjaga pintu air Katulampa Bogor Andi Sudirman mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai untuk siaga. Setiap kenaikan ketinggian air yang terjadi akan langsung diinformasikan kepada pemantau pintu air dan pos-pos bencana di Jakarta.

Editor: Doddy Rosadi


  • bmkg
  • hujan
  • jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!