NUSANTARA

Banjir Rusak Enam Jalan Nasional di Sulawesi Utara

"Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan jalan penghubung Manado dan Tomohon di Sulawesi Utara bisa dibuka dua hari lagi. Jalan penghubung itu terputus akibat banjir dan longsor pekan lalu."

Zulkifli Madina

Banjir Rusak Enam Jalan Nasional di Sulawesi Utara
banjir, longsor, manado

KBR68H, Manado - Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan jalan penghubung Manado dan Tomohon di Sulawesi Utara bisa dibuka dua hari lagi. Jalan penghubung itu terputus akibat banjir dan longsor pekan lalu


Kepala Balai Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Oni Wenur mengatakan, kementerian PU dibantu TNI akan membuat jalan darurat sehingga aktivitas perekenomian masyarakat dapat kembali berjalan.


“Kondisi hingga saat ini lalu lintas tidak bisa lewat Manado Tomohon dan Bolivard tapi dari Manado Tomohon dari kurang lebih 32 titik waktu terjadi peristiwa. Sekarang tinggal 2 titik yang amblas, kita berharap hari ini atau besok paling lambat sudah terbuka, kita pasang rangka beli untuk darurat,” jelas Oni Wenur.


Oni Wenur menambahkan, ada enam jalan nasional lain yang rusak akibat banjir dan longsor di provinsi itu. Jalan tersebut di antaranya Kairagi-Airmadidi, Airmadidi-Tondano, dan Tomohon-Kawangkoan. Kerugian akibat rusaknya jalan dan jembatan diperkirakan mencapai Rp 45 miliar. 


Pekan lalu, banjir dan tanah longsor menerjang delapan kabupaten/ kota di Sulawesi Utara di antaranya Kota Manado, Kota Tomohon, dan Kabupaten Minahasa. Akibat bencana tersebut 18 orang tewas dan ribuan mengungsi.


Editor: Antonius Eko 

  • banjir
  • longsor
  • manado

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!