NUSANTARA

Bangun Waduk, Jokowi Gandeng Pemimpin di Jawa Barat

"Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan kepala daerah se-Jawa Barat menyepakati pembangunan dua waduk di Ciawi dan Sukamahi Bogor. Pembebasan lahan kedua waduk ini akan dimulai tahun ini."

Rafik Maeilana

Bangun Waduk, Jokowi Gandeng Pemimpin di Jawa Barat
Waduk, Jokowi, Jawa Barat

KBR68H, Bogor – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan kepala daerah se-Jawa Barat menyepakati pembangunan dua waduk di Ciawi dan Sukamahi Bogor. Pembebasan lahan kedua waduk ini akan dimulai tahun ini.

Pembangunan waduk ini disepakati dalam pertemuan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Kementerian Pekerjaan Umum di Bendungan Katulampa Bogor. Pembangunan waduk itu untuk mengurangi banjir di Jakarta.

Sementara, mengenai pembangunan sodetan antara Ciliwung-Cisadane masih perlu dibahas dengan bupati dan walikota Tangerang.

“Ini rapat terakhir, jangan ropat repet tapi tidak ada action lapangannya. Sehingga kita sudah sepakat ini rapat terakhir. Dan hasilnya saya kira sangat bagus sekali, sudah diputuskan yang namanya Bendungan Ciawi, Sukamahi dimulai tahun ini. Pembebasan akan dimulai tahun ini, kemudian fisiknya, Insya Allah tahun depan,” katanya usai melakukan rapat di Bendung Katulampa, Bogor.

Jokowi menambahkan, untuk pembagian kerja, masalah dana dan pekerjaan fisik ditangani oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum. Kemudian pembebasan tanah akan ditangani langsung Pemerintah Provinsi DKI. Dana yang akan digunakan berasal dari anggaran belanja negara atau APBN.

Editor: Anto Sidharta

  • Waduk
  • Jokowi
  • Jawa Barat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!